Pengaruh Teknik Storytelling Terhadap Peningkatan Self- Esteem Siswa di SMP Negeri 1 Mutiara

Nia Dahnita, 170213082 (2022) Pengaruh Teknik Storytelling Terhadap Peningkatan Self- Esteem Siswa di SMP Negeri 1 Mutiara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Teknik Storytelling Terhadap Peningkatan Self- Esteem Siswa di SMP Negeri 1 Mutiara] Text (Pengaruh Teknik Storytelling Terhadap Peningkatan Self- Esteem Siswa di SMP Negeri 1 Mutiara)
Nia Dahnita, 170213082, FTK, PBK, 082296973603.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Teknik storytelling merupakan suatu teknik untuk memecahkan masalah siswa dengan metode bercerita, salah satu masalah yang sering dialami siswa seperti rasa tidak percaya diri pesimis terhadap kemampuan dirinya sendiri dan siswa yang broken home yang dapat membuat siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui perbadaan sesudah dan sebelum penerapan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. 2) untuk mengetahui pengaruh teknik storytelling terhadap siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, desain penelitian ini Pre- Test- Post – Test Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Mutiara yang berjumlah dua kelas yang dibagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan melalui skala likert. Analisis instrument meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji t uji N-gain dan uji anova. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkan bimbingan klasikal dengan menggunakan teknik storytelling sehingga kedua kelompok mengalami peningkatan berdasarkan hasil uji anova diketahui ada pengaruh teknik storytelling terhadap peningkatan self -esteem siswa di SMP Negeri 1 Mutiara. Jadi dapat dikatakan bahwa teknik storytelling efektif digunakan untuk meningkatkan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Teknik Storytelling, Self -Esteem Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Nia Dahnita Nia
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:11
Last Modified: 28 Dec 2022 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24899

Actions (login required)

View Item
View Item