Upaya Orang Tua Dalam Mengontrol Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini (Studi di Desa Mata Ie Kecamatan Blang Pidie Kabupaten Aceh Barat Daya)

Siti Rahma, 170305015 (2022) Upaya Orang Tua Dalam Mengontrol Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini (Studi di Desa Mata Ie Kecamatan Blang Pidie Kabupaten Aceh Barat Daya). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya Orang Tua Dalam  Mengontrol Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini] Text (Upaya Orang Tua Dalam Mengontrol Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini)
Siti Rahma, 170305015, FUF, SA, 085359687753.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Di Desa Mata Ie Kecamatan Blang Pidie Kabupaten Aceh Barat Daya terdapat banyak anak-anak yang masih berusia dini sudah menggunakan gadget. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui dampak penggunaan gadget pada perkembangan anak usia dini dan upaya-upaya yang dilakukan oleh orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data (kesimpulan). Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa ada beberapa dampak positif dan negatif, yaitu; mempermudah anak untuk berkomunikasi dengan orang tua, anak menjadi susah diatur dan keras kepala, dan mengurangi interaksi dengan lingkungan sekitar. Selanjutnya tentang upaya orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak usia dini, yaitu; orang tua memberikan pengawasan dan mendampingi ketika anak menggunakan gadget, berkomunikasi secara langsung dengan anak, orang tua menggantikan gadget dengan media lain, orang tua mengurangi penggunaan gadget ketika sedang bersama anak, dan juga orang tua membiasakan diri dan menggantikan aktivitas dengan membaca buku ketika sedang bersama dengan anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Siti Rahma Rahma
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:15
Last Modified: 28 Dec 2022 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24900

Actions (login required)

View Item
View Item