Tanggapan Mahasiswa Terhadap Kebijakan Pengecekan Plagiarisme Menggunakan Aplikasi Turnitin (Penelitian Pada Mahasiswa Semester Akhir Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Ar-Raniry)

Rahmi Fadhila, 160503045 (2022) Tanggapan Mahasiswa Terhadap Kebijakan Pengecekan Plagiarisme Menggunakan Aplikasi Turnitin (Penelitian Pada Mahasiswa Semester Akhir Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Ar-Raniry). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Tanggapan Mahasiswa Terhadap Kebijakan Pengecekan Plagiarisme Menggunakan Aplikasi Turnitin (Penelitian Pada Mahasiswa Semester Akhir Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Ar-Raniry)] Text (Tanggapan Mahasiswa Terhadap Kebijakan Pengecekan Plagiarisme Menggunakan Aplikasi Turnitin (Penelitian Pada Mahasiswa Semester Akhir Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Ar-Raniry))
Rahmi Fadhila, 160503045, FAH, IP, 082317568218.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Aplikasi Turnitin merupakan salah satu software pendeteksi plagiarisme yang dikembangkan oleh Universitas Ccalifornia Berkeley melalui perusahaan Ipardigms. Fakultas Adab dan humaniora sudah menerapkan pemakaian ini selama 2 tahun. Penelitian skripsi ini mengkaji tentang bagaimana Tanggapan Mahasiswa Terhadap Kebijakan Pengecekan Plagariarisme Menggunakan Aplikasi Turnitin (Penelitian pada Mahasiswa Akhir Fakultas Adab dan Humaniora Uin Ar-Raniry. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tanggapan mahasiswa akhir terhadap kebijakan pengecekan plagariarisme menggunakan aplikasi turnitin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester akhir prodi Ilmu Perpustakaan angkatan 2016/2017. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu statistic deskriftif dengan menggunakan rumus mean. Hasil dari penelitian disimpulkan bahwa tanggapan mahasiswa semester akhir terhadap kebijakan pengecekan plagariarisme menggunakan aplikasi turnitin ini adalah positif dan tergolong baik (81,%). Hal ini didasari dari nilai rata-rata empat indikator. Pertama, aspek efektifitas diperoleh nilai sangat baik (86,95%). Kedua, aspek kecukupan tergolong sangat baik (82,2%). Ketiga, aspek responsivita tergolong baik (73,5%). Keempat, aspek ketetapan tergolong baik (81,56)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Rahmi Fadhila
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:13
Last Modified: 28 Dec 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24902

Actions (login required)

View Item
View Item