Pengelolaan Pedagang Ikan Oleh UPTD Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo

Yenni Sriwahyuni, 160802022 (2022) Pengelolaan Pedagang Ikan Oleh UPTD Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengelolaan Pedagang Ikan Oleh UPTD Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo] Text (Pengelolaan Pedagang Ikan Oleh UPTD Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo)
Yenni Sriwahyuni, 160802022, FISIP, IAN, 082271091838.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Keberadaan pedagang ikan eceran secara liar ini telah membuat kekacauan antar pedagang yang ada di kawasan TPI Lampulo dengan pedagang di pasar Al-Mahira Lamdingin, sehingga kondisi itu berdampak penurunan omzet bagi pedagang ikan yang selama ini berjualan di Pasar Al-Mahirah. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengelolaan pedagang ikan oleh UPTD Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya deskriptif. Informan penelitian ini terdiri pihak UPTD PPS Lampulo, pengurus pasar Al-Mahira dan pedagang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa pengelolaan pedagang ikan oleh UPTD PPS Lampulo dilakukan dengan tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Bidang perencanaan menyiapkan berbagai program kegiatan, menyiapkan tenaga SDM dan anggaran. Pengorganisasi dilakukan dengan menyusun tim pelaksana yang terdiri dari tim lapangan dengan kompetensi yang terus ditingkatkan. Tahap pelaksanan pihak UPTD melakukan kegiatan pengelolaan pedagang ikan di PPS Lampulo baik dengan mensosialisasikan peraturan, melakukan penertiban dan mengontrol kegiatan para pedagang. Tahap pengawasan dilakukan dengan mengontrol kegiatan pedagang yang ada di pasar dan seputaran PPS Lampulo. Dampak positif pengelolaan pedagang ikan oleh UPTD PPS Lampulo yaitu selesainya konflik antar pedagang enceran dan pedagang di pasar Al-Mahira, kelancaran aktivitas pasar, meningkatnya kesadaran dan kepatuhan pedagang ikan. Sedangkan dampak negatif mempersempit kegiatan perdagangan bagi pedagang eceran karena adanya larangan untuk tidak berdagang lagi di kawasan Pelabuhan Lampulo. Kesimpulan penelitian ini ialah pengelolaan pedagang ikan oleh UPTD PPS Lampulo telah memberikan dampak baik bagi kegiatan perdagangan di kawasan PPS Lampulo dan pasar Al-Mahira, namun dampak negatifnya sebagian pedagang eceran kehilangan pekerjaannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan. Pedagang Ikan, UPTD.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Yenni Sriwahyuni Yenni
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:11
Last Modified: 28 Dec 2022 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24906

Actions (login required)

View Item
View Item