Adab Bertamu Masyarakat Gampong Tutong Kecamatan Labuhanhaji Barat Kabupaten Aceh Selatan Berdasarkan Kajian QS An-Nur Ayat 27-29

Selvi Nadiatul Huda, 150303028 (2021) Adab Bertamu Masyarakat Gampong Tutong Kecamatan Labuhanhaji Barat Kabupaten Aceh Selatan Berdasarkan Kajian QS An-Nur Ayat 27-29. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Ada bertamu Masyarakat Gampong Tutong Kecamatan Labuhanhaji Barat Kabupaten Aceh Selatan berdasarkan kajian QS An-Nur ayat 27-29] Text (Ada bertamu Masyarakat Gampong Tutong Kecamatan Labuhanhaji Barat Kabupaten Aceh Selatan berdasarkan kajian QS An-Nur ayat 27-29)
Selvi Nadiatul Huda, 150303028, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Adab Bertamu merupakan cara berkunjung ke rumah orang lain dalam rangka mempererat silaturrahmi sesuai dengan aturan yang berlaku di masyarakat. Namun kebanyakan masyarakat gampong tutong sekarang ini yang tidak mengamalkan ada rtamu di dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengetahuan dan mengungkapkan pengalaman praktik masyarakat gampong tutong mengenai adab bertamu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dalam mendapatkan data terkait dengan tema penelitian digunakan tiga proses pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskripsi analitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengetahuan masyarakat gampong tutong mengetahui tentang adab bertamu. Sebagian besar masyarakat gampong tutong mampu menerangkan defenisi, jenis-jenis di dalam adab bertamu. Diketahui bahwa pada umumnya masyarakat gampong tutong mengetahui adab bertamu baik secara umum maupun yang tertera di dalam al-Qur’an. Namun kebanyakan dari masyarakat gampong tutong tidak mengamalkan pengetahuan tentang adab bertamu di kehidupan sehari-hari. Dengan penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran setiap muslim untuk mempelajari dan mengamalkan adab bertamu di kehidupan sehari-hari sesuai petunjuk al-Qur’an dan hadis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X5 Akhlak dan Tasawuf > 2X5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Selvi Nadiatul Huda Selvi
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:11
Last Modified: 28 Dec 2022 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24907

Actions (login required)

View Item
View Item