Analisis Webometrics Terhadap Website Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Novia Adinda, 180503045 (2022) Analisis Webometrics Terhadap Website Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Analisis Webometrics Terhadap Website Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Analisis Webometrics Terhadap Website Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Novia Adinda, 180503045, FAH, IP, 081912024592.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Peningkatan peringkat perguruan tinggi pada webometric penting dilakukan karena dijadikan sebagai tolak ukur bagaimana sebuah perguruan tinggi mampu bersaing di lingkup internasional. Penelitian ini berjudul Analisis Webometrics terhadap Website Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menganalisis webometrics konten website UIN Ar-Raniry menggunakan indikator webometrics, yaitu visibility, transparency (openness) dan excellence (scholar). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dokumentar. Teknik analisis data yang digunakan ialah satistik deskriptif. Hasil penelitian menggambarkan bahwa peringkat webometrics UIN Ar-Raniry edisi Juli 2022 berada pada peringkat 88 di Indonesia dengan nilai webometrics sebesar 0.794 (katagori baik) dan nilai masing-masing indikatornya yaitu visibility 0.886 (baik), transparency 0.790 (baik) dan excellance 0.680 (cukup). Perolehan nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai webometrics UIN Ar-Raniry sudah termasuk dalam katagori baik dan masuk dalam peringkat 100 besar nasional. Namun indikator yang mendapat nilai terendah adalah indikator excellence. Hal tersebut dipengaruhi oleh sedikitnya jumlah publikasi yang terindeks pada scimago dan scopus. Hal ini perlu diperhatiakan dengan meningkatkan jumlah karya ilmiah yang terindeks pada scopus, dan jurnal terakreditasi lainnya, sehingga dapat meningkatkan peringkat webometrics UIN Ar-Raniry.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Novia Adinda
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:16
Last Modified: 28 Dec 2022 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24912

Actions (login required)

View Item
View Item