Kesadaran Masyarakat Gampong Buloh Gogo Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie Terhadap Kebersihan Lingkungan Berdasarkan Ayat-Ayat al-Qur’an

Rahmayani, 150303059 (2020) Kesadaran Masyarakat Gampong Buloh Gogo Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie Terhadap Kebersihan Lingkungan Berdasarkan Ayat-Ayat al-Qur’an. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kesadaran Masyarakat Gampong Buloh Gogo Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie Terhadap Kebersihan Lingkungan Berdasarkan Ayat-Ayat al-Qur’an] Text (Kesadaran Masyarakat Gampong Buloh Gogo Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie Terhadap Kebersihan Lingkungan Berdasarkan Ayat-Ayat al-Qur’an)
Rahmayani, 150303059, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Al-Qur’an dan hadis sebagai sumber ajaran Islam tentunya menerangkan bagaimana manusia harus menjaga kebersihan, baik kebersihan jasmani maupun kebersihan rohani. Kebersihan sangat erat kaitannya dengan kesehatan. Islam sangat memperhatikan kebersihan lingkungan yang ada disekitar kita, karena Islam tidak akan membiarkan manusia merusak atau mengotori lingkungan sekitarnya, oleh sebab itu menjaga kebersihan sama pentingnya dengan menjaga diri sendiri. Namun dalam kenyataannya masyarakat Gampong Buloh Gogo kurang memperhatikan dan memahami betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep kebersihan lingkungan dalam al-Qur’an dan untuk mendeskripsikan pemahaman dan kesadaran masyarakat Gampong Buloh Gogo kecamatan Padang Tiji terhadap kebersihan lingkungan berdasarkan ayat-ayat al-Quran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancaran, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ada tiga yaitu: reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya masyarakat Gampong Buloh Gogo Kecamatan Padang Tiji mengetahui tentang kebersihan dan memahami apa yang dimaksud dengan kebersihan lingkungan dan masyarakat Gampong Buloh Gogo mempunyai kesulitan dalam menjaga kebersihan disebabkan banyaknya kotoran hewan, hanya sedikit masyarakat yang peduli dan menjaga akan kebersihan lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.6 Kandungan Al-Qur'an
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Rahmayani Rahma
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:13
Last Modified: 28 Dec 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24914

Actions (login required)

View Item
View Item