Keanekaragaman Gastropoda Di Hutan Mangrove Kuala Langsa Sebagai Referensi Matakuliah Ekologi Hewan

Ananda Sari Munardi, 180207115 (2022) Keanekaragaman Gastropoda Di Hutan Mangrove Kuala Langsa Sebagai Referensi Matakuliah Ekologi Hewan. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keanekaragaman Gastropoda Di  Hutan  Mangrove Kuala Langsa  Sebagai Referensi Matakuliah  Ekologi Hewan] Text (Keanekaragaman Gastropoda Di Hutan Mangrove Kuala Langsa Sebagai Referensi Matakuliah Ekologi Hewan)
Ananda Sari Munardi, 180207115, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kurangnya buku penunjang atau referensi tentang gastropoda membuat mahasiswa sulit untuk mengidentifikasi gastropoda, oleh karena itu perlu adanya penelitian tentang gastropoda yang nantinya dapat dijadikan sebagai referensi tambahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis Gastropoda, untuk mengetahui keanekaragaman Gastropoda dan untuk Menganalisis buku atlas keanekaragaman Gastropoda sebagai referensi matakuliah ekologi hewan. Metode penelitian yang digunakan adalah mengkombinasikan dua jenis metode yaitu metode transek garis (Line Transect) dan metode transek kuadrat. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian Gastropoda di Kawasan Ekosistem Mangrove Kuala Langsa ditemukan 13 spesies yang berasal dari 6 ordo.Tingkat keanekaragaman Gastropoda tergolong sedang dengan indeks keanekaragaman Ĥ=2,10320253. Hasil kelayakan produk penelitian berupa atlas memperoleh presentase rata-rata dari dua validator yang sudah digabungkan yaitu 96,3 % dengan kategori sangat layak di jadikan referensi mata kuliah ekologi hewan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ananda Sari Munardi Sari
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:14
Last Modified: 28 Dec 2022 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24918

Actions (login required)

View Item
View Item