Perancangan Prototype Alat Monitoring Listrik Pada Rumah Tangga Berbasis Iot (Internet Of Things)

Irvandi, 180211010 (2022) Perancangan Prototype Alat Monitoring Listrik Pada Rumah Tangga Berbasis Iot (Internet Of Things). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perancangan Prototype Alat Monitoring Listrik Pada Rumah Tangga Berbasis Iot  (Internet Of Things)] Text (Perancangan Prototype Alat Monitoring Listrik Pada Rumah Tangga Berbasis Iot (Internet Of Things))
Irvandi, 180211010, FTK, PTE, 085296843460.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Konsumsi daya pelanggan PLN dari sektor rumah tangga sangat tinggi. Konsumen listrik rumah tangga belum mengetahui secara detail peralatan rumah tangga yang mengonsumsi listrik secara berlebihan. Tingkat konsumsi daya dipengaruhi oleh beban pada peralatan listrik tersebut. Pelanggan masih kesulitan memantau konsumsi daya setiap peralatan rumah tangga. Untuk ini diperlukan sistem pemantauan penggunaan listrik yang dapat dilihat pada aplikasi Blynk menggunakan grafik Gauge. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemakaian penggunaan peralatan listrik pada rumah tangga dan untuk mengetahui kebocoran arus yang menyebabkan borosnya pemakaian listrik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode prototype yang berfungsi sebagai kerangka kerja dalam sebuah penelitian. Perancangan alat Internet of Things model prototype adalah pendekatan yang baik serta sangat efisien dan bisa berubah-ubah seiring berjalannnya waktu. Hasil monitoring listrik ini dapat dilihat melalui handphone menggunakan aplikasi Blynk, dengan menampilkan nilai yang terbaca pada sensor dan langsung terkoneksi ke internet. Data ini diuji menggunakan jumlah waktu yang sama agar bisa mengetahui pemakaiannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ptototype ini dapat mengetahui tegangan, arus, daya dan energi menggunakan sensor PZEM-004T, data yang didapat dari sensor tersebut diolah dari mikrokontroler NodeMCU ESP8266, dan kebocoran arus listrik terjadi karena adanya kesalahan atau kerusakan pada suatu jaringan listrik yang mengakibatkan listrik mengalir ke tempat yang tidak semestinya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Prototype, Alat Monitoring,IoT (Internet of Things), Blynk, PZEM-004T, NodeMCU ESP8266
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Irvandi Irvandi
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:08
Last Modified: 28 Dec 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24919

Actions (login required)

View Item
View Item