Gambaran Kontrol Diri Dalam Menjaga Pergaulan Pada Mahasiswa Perantauan Di Prodi BKI Uin Ar-Raniry Banda Aceh

Lula Kartika, 180402003 (2022) Gambaran Kontrol Diri Dalam Menjaga Pergaulan Pada Mahasiswa Perantauan Di Prodi BKI Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Gambaran Kontrol Diri Dalam Menjaga Pergaulan Pada Mahasiswa Perantauan  Di Prodi BKI Uin Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Gambaran Kontrol Diri Dalam Menjaga Pergaulan Pada Mahasiswa Perantauan Di Prodi BKI Uin Ar-Raniry Banda Aceh)
Lula Kartika, 180402003, FDK, BKI, 081396703717.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Kontrol diri sangat diperlukan bagi mahasiswa perantau untuk membantu mereka dalam menghadapi kehidupan di lingkungan baru agar dapat menjaga pergaulan dengan baik selama merantau di daerah orang lain. Kontrol diri yang rendah dalam diri seseorang secara positif akan menyebabkan konsekuensi yang merugikan, sementara seseorang yang memiliki kontrol diri yang tinggi akan menunjukkan lebih banyak eksekusi dalam menyelesaikan kegiatan tertentu. Seseorang yang tidak memiliki kemampuan untuk menentukan keputusan, biasanya akan dengan mudah dipengaruhi oleh lingkungan dan teman sebaya untuk melakukan pergaulan yang buruk. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan pertama, untuk mengetahui gambaran kontrol diri pada mahasiswa perantauan di Prodi BKI UIN Ar-Raniry yang berasal dari luar Kota Banda Aceh dalam menjaga pergaulan. Kedua, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kontrol diri pada mahasiswa perantauan di Prodi BKI UIN Ar-Raniry yang berasal dari luar Kota Banda Aceh dalam mejaga pergaulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian fenomenologi. Subjek penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan ditemukan 4 subjek yang sesuai dengan kriteria. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa perantau yang dipilih sebagai subjek penelitian dapat mengontrol diri mereka dalam hal pergaulan dengan baik selama merantau di Banda Aceh yang dapat dilihat dari aspek kontrol diri yaitu mampu mengendalikan kontrol perilaku, kontrol kognitif dan mengontrol keputusan Adapun faktor yang mempengaruhi kontrol diri mahasiswa perantau dalam menjaga pergaulan selama merantau diantaranya yaitu diri sendiri, lingkungan sekitar yang meliputi lingkungan tempat tinggal/kost, lingkungan perkuliahan dan teman sebaya, serta pola asuh orang tua yang diajarkan sejak kecil.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kontrol Diri, Pergaulan, Mahasiswa Perantauan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Lula Kartika Lula
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:16
Last Modified: 28 Dec 2022 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24925

Actions (login required)

View Item
View Item