Peran Ustadz/Ustadzah Dalam Membina Akhlak Santri TPA Baitul Maghfirah Desa Jamur Konyel Aceh Tengah

Tawarniate, 180201091 (2022) Peran Ustadz/Ustadzah Dalam Membina Akhlak Santri TPA Baitul Maghfirah Desa Jamur Konyel Aceh Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peran Ustadz/Ustadzah Dalam Membina Akhlak Santri TPA Baitul Maghfirah Desa Jamur Konyel Aceh Tengah] Text (Peran Ustadz/Ustadzah Dalam Membina Akhlak Santri TPA Baitul Maghfirah Desa Jamur Konyel Aceh Tengah)
Tawarniate, 180201091, FTK, PAI, 082275903230.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Pembinaan akhlak merupakan suatu usaha atau tindakan yang dilakukan oleh seorang guru kepada anak didik dalam rangka mengembangkan akhlak agar anak didik memiliki akhlak yang mulia dan mempunyai kebiasaan yang terpuji. Penelitian ini memfokuskan penelitian tentang Peran Ustadz/Ustadzah Dalam Membina Akhlak Santri TPA Baitul Maghfirah Desa Jamur Konyel Aceh Tengah. Tiga rumusan masalah yang akan dikaji, yaitu bagaimana akhlak santri TPA Baitul Maghfirah Desa Jamur Konyel Aceh Tengah, bagaimana upaya ustadz/ustadzah TPA Baitul Maghfirah Desa Jamur Konyel Aceh Tengah dalam membina akhlak santri, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam membina akhlak santri TPA Baitul Maghfirah Desa Jamur Konyel Aceh Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif analisis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan yang terdapat dalam penelitian ini berjumlah lima orang yang terdiri dari satu ustadz dan empat ustadzah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa santri memiliki akhlak yang baik dimana terlihat dari hasil pengamatan dan didukung oleh informasi dari ustadz/ustadzah bahwa santri mengucapkan salam ketika masuk ke dalam ruangan, bersalaman dengan ustadz/ustadzah, berwudhu dan berdo’a sebelum belajar, berpakaian rapi, berbicara sopan dan meminta izin ketika keluar kelas. Upaya pembinaan yang dilakukan ustadz/ustadzah yaitu membimbing berdo’a sebelum belajar, membiasakan berwudhu sebelum belajar, membiasakan membawa perlengkapan belajar, dan mengontrol santri saat proses belajar berlangsung, memberikan nasehat dan belajar kitab akhlak jawi. Yang menjadi faktor pendukung dalam pembinaan akhlak adalah karena merupakan tuntutan dalam agama Islam kemudian dukungan orang tua dan masyarakat dan semangat santri ketika datang ke TPA. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam pembinaan akhlak yaitu, dimana santri masih dalam tahap ingin selalu bermain, kurangnya kumunikasi dan toleransi dari beberapa wali santri, kemudian kurangnya fasililitas ruangan dan tenaga pengajar dan faktor usia santri yang masih sangat muda

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tawarniate Tawarniate
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:17
Last Modified: 28 Dec 2022 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24926

Actions (login required)

View Item
View Item