Strategi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Di SD Negeri Ruak Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan

Wandi Hariadi, 170802165 (2022) Strategi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Di SD Negeri Ruak Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Di SD Negeri Ruak Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan] Text (Strategi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Di SD Negeri Ruak Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan)
Wandi Hariadi, 170802164, FISIP, AN, 082217919083.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Fungsi pendidikan Nasional bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Peran negara dalam mencapai tujuan pendidikan yang merata dan berkualitas sangatlah besar dan utama. Lingkungan dan sarana pendidikan merupakan sumber yang dapat menentukan kualitas pendidikan. Biaya pendidikan menjadi bagian penting dalam pencapaian tujuan pendidikan. Pemerintah pusat dan daerah menjamin terselenggaranya pendidikan dasar tanpa memungut biaya sehingga menghasilkan Program Bantuan Operasional Sekolah. Bantuan Operasional Sekolah (BOS) menyediakan bantuan bagi sekolah dengan tujuan membebaskan biaya pendidikan bagi siswa yang tidak mampu dan meringankan beban bagi siswa. SD Negeri Ruak merupakan salah satu penerima program bantuan operasional sekolah tersebut sehingga membantu dalam mengembangkan mutu mengatasi masalah personalia dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengelolaan dan menganalisis dana Bantuan Operasional Sekolah SD Negeri Ruak. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan strategi pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah di SD Negeri Ruak yaitu strategi pertama melakukan proses perencanaan. Kedua, kegiatan proses pelaporan dana BOS dan ketiga pengawasan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada tiga strategi utama dalam pengelolaan dana BOS di SD Negeri Ruak yaitu perencanaan dipersiapkan secara individu dan dilakukan diproes secara bersama ketika rapat bersama dengan tim BOS, pelaksanaan program BOS berlandaskan dari petunjuk teknis dan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah, proses persiapan pelaporan dilakukan secara bertahap yakni pertama Bendahara mengumpulkan semua bukti kuitansi perbidang dan menyerahkan kepada Kepala Sekolah. Kedua, Kepala Sekolah memeriksa langsung di lapangan dan yang ketiga pengawasdari pihak Dinas terkait pengawas pengelolaan dana BOS. Selanjutnya pengawasan dilakukan dengan terjadwal oleh pemerintah terkait.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengelolaan, Bantuan Operasional Sekolah, SD Negeri Ruak
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Wandi Hariadi Wandi
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:18
Last Modified: 28 Dec 2022 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24931

Actions (login required)

View Item
View Item