Urgensi Layanan Konseling Dalam Mengatasi Kecemasan Pada Presentasi Tugas Perkuliahan (Studi Mahasiswa Bimbingan Konseling UIN Ar-Raniry Banda Aceh)

Mulyana, 180402040 (2022) Urgensi Layanan Konseling Dalam Mengatasi Kecemasan Pada Presentasi Tugas Perkuliahan (Studi Mahasiswa Bimbingan Konseling UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of : Layanan Konseling] Text (: Layanan Konseling)
Mulyana, 180402040, FDK, BKI, 081332189429.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Urgensi Layanan Konseling Dalam Mengatasi Kecemasan Pada Presentasi Tugas Perkuliahan (Studi Mahasiswa Bimbingan Konseling UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Penelitian ini menjelaskan tentang pentingnya layanan konseling dalam mengatasi kecemasan presentasi tugas perkuliahan. Adapun titik permasalahan dalam kajian skripsi ini adalah masih banyak mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Angkatan 2020 yang mengalami kecemasan presentasi tugas perkuliahan, yang seharusnya mahasiswa Bimbingan Konseling Islam tidak lagi mengalami kecemasan saat presentasi. Bimbingan Konseling Islam itu sendiri berfungsi untuk mengatasi kecemasan saat presentasi tetapi hal tersebut bertolak belakang dengan yang ada dilapangan, sangat diharapkan agar pihak Prodi Bimbingan Konseling Islam dapat memfungsikan kembali lab yang ada di Prodi Bimbingan Konseling Islam. Tujuan penelitian adalah mengetahui penyebab, cara mengatasi kecemasan dan urgensi layanan konseling dalam mengatasi kecemasan presentasi tugas perkuliahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber datanya adalah mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Angkatan 2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling berjumlah sepuluh orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan trigulasi data yaitu reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1). Penyebab mahasiswa mengalami kecemasan saat presentasi tugas perkuliahan. Pertama tidak percaya diri, Kedua pengalaman masa lalu, Ketiga pikiran yang irrasional, Keempat tidak menguasai materi, Kelima belum meyesuaikan diri/adaptasi. (2). Cara mahasiswa mengatasi kecemasan saat presentasi tugas perkuliahan. Pertama relaksasi, kedua penyangkalan, ketiga kompensasi, keempat rasionalisasi, kelima pembelaan, keenam penguasaan materi. (3). Urgensi layanan konseling bagi mahasiswa yang mengalami kecemasan di Prodi Bimbingan Koseling Islam itu sangat diperlukan karena agar membantu mahasiswa dalam mengatasi dan mengurangi kecemasan presentasi tugas perkuliahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mulyana Mul
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:15
Last Modified: 29 Dec 2022 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24933

Actions (login required)

View Item
View Item