Strategi Pemasaran Syariah Pada Produk Home Industry Kue Tradisional Aceh (Studi pada Gampong Meunasah Beutong Lamlhom Kabupaten Aceh Besar)

Faradina, 180602016 (2022) Strategi Pemasaran Syariah Pada Produk Home Industry Kue Tradisional Aceh (Studi pada Gampong Meunasah Beutong Lamlhom Kabupaten Aceh Besar). Diploma thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemasaran Syariah] Text (Pemasaran Syariah)
Faradina, 180602016, FEBI, ES, 082281766411.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (8MB)

Abstract

Beberapa home industry kue tradisional Aceh yang ada di Gampong Meunasah Beutong Lamlhom Kabupaten Aceh Besar belum optimal dalam melakukan promosi terhadap produk yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran syariah yang diterapkan Home Industry kue tradisional Aceh pada Gampong Meunasah Beutong Lamlhom Kabupaten Aceh Besar dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi pemasaran syariah pada Home Industry kue tradisional Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku home industry kue tradisional Aceh sudah menerapkan strategi pemasaran syariah dalam menjalankan usahanya, strategi pemasaran syariah yang digunakan oleh home industry kue tradisional Aceh berupa strategi produk, harga, promosi, dan distribusi/tempat. Dalam penerapan strategi pemasaran syariah pelaku home industry juga memiliki kelebihan dan kekurangan, diantara kelebihan yang mereka miliki yaitu lebih mengutamakan kualitas produk yang baik dan halal, harga produk yang mereka jual dapat dijangkau oleh pembeli, dan produk yang mereka jual juga beraneka macam. Pengusaha home industry kue tradisional Aceh juga memiliki suatu kekurangan lainnya yaitu pada bagian promosi, promosi yang mereka lakukan masih sebatas informasi dari mulut ke mulut konsumen dan pada warung-warung penitipan produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Faradina Nana
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:23
Last Modified: 29 Dec 2022 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24942

Actions (login required)

View Item
View Item