Tata Kelola Administrasi Umum Di Gampong Seuneubok Rambong Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur

Sastri Ardila, 180802032 (2022) Tata Kelola Administrasi Umum Di Gampong Seuneubok Rambong Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tata Kelola Administrasi Umum] Text (Tata Kelola Administrasi Umum)
Sastri Ardila, 180802032, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Administrasi gampong sangat penting dalam kegiatan penyelenggaraan pemerintahan gampong. Pemerintahan gampong akan berjalan dengan lancar apabila didukung oleh sistem tata usaha atau administrasi yang benar, rapi dan teratur/ tertib. Sistem administrasi yang benar, rapi dan teratur/tertib akan memberikan data dan informasi yang mudah diakses dan sistematis yang sangat berguna untuk pengambilan keputusan, pembuatan rencana, kontrol kegiatan, evaluasi serta komunikasi dan informasi baik kedalam maupun keluar organisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis temuan penelitian menunjukkan bahwah penerapan tata kelola administrasi pemerintahan gampong belum berjalan dengan baik dimana ada beberapa buku administrasi yang tidak di terapkan dan tidak lengkapnya pengisian buku administrasi gampong . Kemampuan sumber daya perangkat gampong dalam penyelenggaraan administrasi umum dari segi pengetahuan masih kurang memadai dan perlu adanya peninjauan kembali mengenai pengetahuan perangkat gampong dalam tata kelola administrasi umum, serta juga meninjau kinerja perangkat gampong dalam memberikan pelayanan. Adapun faktor yang menghambat penerapan tata kelola administrasi yaitu tidak ada pendampingan serta pengawasan dari pihak kecamatan, dalam hal sumber daya, baik dari keterampilan perangkat desa, perlengkapan dan informasi belum memadai, dalam hal sikap aparat desa belum berkomitmen menjalankan administrasi gampong dengan baik dalam hal struktur organisasi belum ada SOP yang terintregrasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwasanya tata kelola administrasi umum belum berjalan dengan efektif, minimnya pengetahuan perangkat gampong dalam tata kelola administrasi umum, serta etos kesadaran etos kerja perangkat gampong yang masih rendah, adapun faktor penghambat tata kelola administrasi umum adalah keterampilan perangkat gampong yang kurang memadai, serta kurangnya pengawasan dari pihak kecamatan. Saran memberikan pelatihan serta sosialisasi kepada perangkat gampong dalam tertib tata kelola administrasi umum serta meningkatkan etos kerja dan kualitas perangkat gampong dalam memberikan pelayanan serta melakukan pengawasan yang dilakukan oleh pihak kecamatan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Sastri Ardila Sastri
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:53
Last Modified: 28 Dec 2022 03:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24945

Actions (login required)

View Item
View Item