Pengembangan Sains Komik Berbasis Problem Based Learning (PBL) Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa SMP

Maulia Riska, 180207065 (2022) Pengembangan Sains Komik Berbasis Problem Based Learning (PBL) Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa SMP. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Problem Based Learning] Text (Problem Based Learning)
Maulia Riska, 180207065, FTK, PBL, 082236669713.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pelaksanaan pendidikan membutuhkan komponen – komponen pendidikan agar pendidikan itu berjalan dengan lancar. Salah satu komponen pendidikan yaitu media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan seluruh alat dan bahan yang dapat dipakai untuk tujuan pendidikan. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru biologi di SMP Negeri 8 Banda Aceh yaitu hanya berupa buku paket pembelajaran. Sehingga pada saat proses pembelajaran banyak dari siswa yang merasa bosan dikarenakan kurangnya variasi dalam penggunaan media pembelajaran. Hal ini dilihat dari hasil wawancara dengan siswa yang dilakukan di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa Sains Komik Berbasis Problem Based Learning (PBL) Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa SMP, mengetahui hasil uji kelayakan media, dan menganalisis hasil respon siswa terhadap Sains Komik Berbasis Problem Based Learning (PBL) Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Develoment (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall (research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang dosen ahli, 1 dosen ahli media dan 1 dosen ahli materi dan seluruh siswa kelas VII/2 di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar validasi media, validasi materi dan lembar angket respon siswa. Untuk analisis hasil kelayakan media dan respon siswa menggunakan rumus persentase. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk akhir berupa Sains Komik Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pencemaran lingkungan. Hasil kelayakan media oleh tim ahli media didapatkan persentase sebanyak 91% dengan kriteria sangat layak, kelayakan materi sebanyak 80% dengan kriteria layak dan hasil respon siswa terhadap Sains Komik Berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan persentase 84% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian Sains Komik Berbasis Problem Based Learning (PBL) layak digunakan dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 8 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Maulia Riska Riska
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:27
Last Modified: 29 Dec 2022 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24948

Actions (login required)

View Item
View Item