Pengaruh Orientasi Perpustakaan Terhadap Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah (Penelitian di MTsN 4 Banda Aceh)

Mahdalina, 160503049 (2022) Pengaruh Orientasi Perpustakaan Terhadap Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah (Penelitian di MTsN 4 Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Pengaruh Orientasi Perpustakaan Terhadap Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah (Penelitian di MTsN 4 Banda Aceh)] Text (Pengaruh Orientasi Perpustakaan Terhadap Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah (Penelitian di MTsN 4 Banda Aceh))
Mahdalina, 160503049, FAH, IP, 082310858655.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif tentang Pengaruh Orientasi Perpustakaan terhadap Pemanfaatan Perpustakaan di MTsN 4 Banda Aceh pada tahun ajaran 2020/2021. Kegiatan orientasi perpustakaan di MTsN 4 Banda Aceh dilaksanakan guna untuk memberi paham kepada siswa-siswi tentang bagaimana memanfaatkan perpustakaan. Jumlah siswa-siswi pada tahun ajaran 2020 yang mengikuti orientasi perpustakaan sebanyak 621. Data siswa-siswi yang berkunjung setelah mengikuti orientasi perpustakaan mencapai 100 siswa-siswi perbulannya. Pertanyaannya apakah terdapat pengaruh orientasi perpustakaan terhadap pemanfaatan Perpustakaan MTsN 4 Banda Aceh angkatan tahun 2020? Permasalahan tersebut peneliti analisis dengan Regresi Linear Sederhana. Data kuantitatif peneliti kumpulkan melalui angket yang diedarkan kepada 87 responden yang diambil dengan teknik Simpel Random Sampling. Untuk menganalisis indeks koefesien korelasi variabel X dan Y, peneliti gunakan Koefesien Korelasi Product Moment linear sederhana (r_xy). Hasil analisis r_xy adalah 0,500. Nilai ini menunjukkan terdapat korelasi antara dua variabel, dan dianggap mempunyai pengaruh karena masuk dalam katagori sedang atau cukup. Kontribusi variabel X terhadap Y sebanyak 25%, sedangkan sisanya 75% disumbangkan oleh variabel lain. Hasil pembuktian hipotesis kuantitatif, ditemukan Fhitung (28.293) > Ftabel (3,95) maka disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Pembuktian hipotesis menjelaskan siswa-siswi berkunjung ke perpustkaan karena diperintahkan oleh guru ketika mata pelajaran kosong. Sehingga siswa-siswi masih ada yang tidak berkunjung dan meminjam koleksi untuk menyelesaikan tugas. Dari tiga indikator pemanfaatan perpustakaan sekolah, hanya waktu kunjungan guru keperpustakaan yang sangat positif. Sedangkan indikator perpustakaan sebagai sumber belajar dan mencari sumber informasi pengetahuan masih dalam katagori sedang. Hal ini memberi indikasi kepada Perpustakaan MTsN 4 Banda Aceh untuk terus mempertahankan program kegiatan orientasi perpustakaan yang dilaksanakan setiap tahun ajaran baru dan melibatkan siswa yang menjadi ratu dan raja di Perpustakaan MTsN 4 Banda Aceh, agar dapat menambah ketertarikan siswa dalam mengikuti orientasi perpustakaan sehingga siswa mudah paham dan dapat dipastikan siswa bisa memanfatkan perpustakaan dengan sebaik mungkin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Mahdalina Mahdalina
Date Deposited: 28 Dec 2022 04:15
Last Modified: 28 Dec 2022 04:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24959

Actions (login required)

View Item
View Item