Pengaruh Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Pustakawan Pada Perpustakaan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Gayo Lues

Supriadi, 170503080 (2022) Pengaruh Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Pustakawan Pada Perpustakaan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Gayo Lues. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Pustakawan Pada Perpustakaan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Gayo Lues] Text (Pengaruh Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Pustakawan Pada Perpustakaan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Gayo Lues)
Supriadi, 170503080, FAH, IP, 081241846842.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan masih terdapat beberapa kedisiplinan pustakawan yang patut diawasi atau dikontrol secara terus menerus di Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gayo Lues seperti masalah terlambat hadir masuk jam kerja, sering keluar masuk kantor dan meninggalkan tempat kerja sebelum waktu yang telah ditentukan. Pengawasan sudah dijalankan oleh pimpinan terhadap aspek kedisiplinan kerja di Perpustakaan dan Kerasipan Kabupaten Gayo Lues. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengawasan terhadap disiplin kerja pustakawan pada Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gayo Lues. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 22 orang Pegawai pada Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gayo Lues dan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan koesioner yang dibagikan kepada 22 pustakawan. Analisa data terdiri dari uji korelasi, determinasi, regresi linear sederhana dan uji-t dengan menggunakan SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengawasan berpengaruh terhadap disiplin kerja Perpustakaan Badan Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Gayo Lues dengan nilai angka korelasi sebesar 0,902 yang artinya tergolong kategori sangat kuat. Jika dilihat dari nilai determinasi menunjukkan bahwa pengawasan berpengaruh terhadap disiplin kerja sebesar 81,4% sedangkan sisanya 18,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Persamaan regresi menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pengawasan berpengaruh terhadap variabel disiplin kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, pengawasan, disiplin kerja pustakawan
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 002 The Book
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Supriadi Supri
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:10
Last Modified: 29 Dec 2022 02:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24960

Actions (login required)

View Item
View Item