Peran Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Gayo Lues Dalam Mengembangkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Riska Dahlia, 180503088 (2022) Peran Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Gayo Lues Dalam Mengembangkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Mengembangkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial] Text (Mengembangkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial)
Riska Dahlia, 180503088, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Gayo Lues Dalam Mengembangkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimana implementasi pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial, 2) apa saja peluang dan tantangan dalam pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial, dan 3) apa upaya yang dilakukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Gayo Lues dalam menghadapi tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial, peluang dan tantangan yang dihadapi, serta upaya yang dilakukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Gayo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Gayo Lues sudah berjalan baik yaitu pustakawan terlibat aktif, melakukan bimtek revitalisasi, bimtek pengelolaan perpustakaan dan melakukan advokasi Peer Learning Meeting. Peluang dalam perpustakaan inklusi sosial ini yaitu adanya peluang usaha, sosial lainnya dan mengurangi kemiskinan. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Gayo Lues memiliki tantangan dalam mengembangkan perpustakaan berbasis inklusi sosial yaitu kurangnya kerjasama, keterbatasan ruangan, dan keterbatasan anggaran dana. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut adalah dengan melakukan kerjasama dengan pihak lain dan memanfaatkan anggaran dana yang ada secara optimal yang diberikan oleh pusat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Riska Dahlia Ika
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:31
Last Modified: 30 Dec 2022 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24964

Actions (login required)

View Item
View Item