T. Anugerah Rizki, 160212017 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Secara Online Pada Peserta Didik Kelas X Multimedia Pada Smk N 1 Mesjid Raya Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.
T. Anugerah Rizki,160212017, FTK, PTI, 082273120466.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Model pembelajaran Kooperatif Secara Online adalah pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode belajar kelompok yang dilakukan dalam jaringan internet. Model Pembelajaran Kooperatif Secara Online digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan cara cepat dan mencari jalan keluar dengan cara menyimpulkan pendapat. Proses penyelesaian masalah dalam model pembelajaran ini yaitu setiap kelompok wajib menyelesaikan masalah dengan memberi pendapat masing-masing peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian midmethod (Kualitatif support Kuantitatif) dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada model pembelajaran ceramah mendapatkan nilai rata-rata 41,57 (pretest), sedangkan setelah menggunakan pembelajaran kooperatif seacara online mendapatkan nilai rata-rata 77,89 (posttest). Perbedaan hasil belajar peserta didik diketahui dengan menggunakan statistik N-gain terdapat perbedaan yang signifikan hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata N-gain menggunakan model pembelajaran kooperatif secara online 66,25 termasuk dalam kategori aktif. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat adanya minat dan hasil belajar peserta didik dari penerapan pembelajaran kooperatif secara online pada peserta didik kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Masjid Raya Aceh besar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi |
Depositing User: | T. Anugerah Rizki Anugerah |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 02:56 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 02:56 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24979 |