Penguasaan Konsep pada Materi Tata Nama Senyawa Melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri Siswa Kelas X SMAN I Labuhanhaji

Mita Helfiana, 291223288 (2016) Penguasaan Konsep pada Materi Tata Nama Senyawa Melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri Siswa Kelas X SMAN I Labuhanhaji. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajan Inkuiri)
Mita Herfiana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Belajar kimia memiliki konsep dasar tata nama senyawa yang harus dapat dimengerti oleh siswa SMA. Hal ini dikarenakan antara satu materi dengan materi lainnya saling berkesinambungan. Belajar kimia memerlukan sebuah konsep yang jelas dan tepat mengenai cara pemberian nama-nama senyawa dengan rumus tertentu. Dengan demikian, konsep sangat penting bagi manusia dalam berpikir dan belajar. Akan tetapi kenyataannya masih terdapat siswa yang masih mengalami kesulitan dalam materi yang diajarkan. Hal ini bisa dilihat dari tingkat penguasaan konsep yang masih rendah pada nilai ulangan kimia semester ganjil pada tahun pelajaran 2015/2016, sebagian besar siswa mendapat nilai di bawah batas ketuntasan yaitu 65. Untuk itu peneliti tertarik untuk melakukan percobaan yang berhubungan dengan penguasaan konsep dan memakai pembelajaran berbasis inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penguasaan konsep pada materi tata nama senyawa melaui pembelajaran berbasis inkuiri siswa kelas X SMA Negeri I Labuhanhaji. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa pada materi tata nama senyawa melalui pembelajaran berbasis inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA-4 SMA Negeri I Labuhanhaji tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 31 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata persentase penguasaan konsep siswa dari kelima belas soal dengan ranah kognitif C1, C2, C3, dan C4 adalah sebesar 67,74%. Persentase sebesar ini termasuk pada kategori tinggi, sehingga dapat dikatakan bahwa penguasaan konsep siswa pada konsep tata nama senyawa cukup baik. Sedangkan aktivitas siswa dengan pembelajaran berbasis inkuiri memperoleh nilai yang tinggi yaitu 75%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis inkuiri sudah baik membuat siswa memahami konsep yang dipelajari dan baik diterapkan untuk penguasaan konsep tata nama senyawa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Ir. Amna Emda, M.Pd 2.Nurbayani, MA
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Konsep, Tata Nama Senyawa, Pembelajaran Berbasis Inkuiri
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 12 Feb 2018 09:08
Last Modified: 12 Feb 2018 09:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2498

Actions (login required)

View Item View Item
TOP