Sistem Perhitungan Sisa Hasil Usaha Pada Koperasi Syari’ah Dalam Perspektif Akad Syirkah (Studi Pada Koperasi Al-Ikhlas Kemenag Pidie)

Zahratul Azkiya, 180102188 (2022) Sistem Perhitungan Sisa Hasil Usaha Pada Koperasi Syari’ah Dalam Perspektif Akad Syirkah (Studi Pada Koperasi Al-Ikhlas Kemenag Pidie). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Sistem Perhitungan Sisa Hasil Usaha Pada  Koperasi Syari’ah Dalam Perspektif Akad Syirkah (Studi Pada Koperasi Al-Ikhlas Kemenag Pidie)] Text (Sistem Perhitungan Sisa Hasil Usaha Pada Koperasi Syari’ah Dalam Perspektif Akad Syirkah (Studi Pada Koperasi Al-Ikhlas Kemenag Pidie))
Zahratul Azkiya, 180102188, FSH, HES, 085379329312.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Koperasi merupakan suatu bentuk kerjasama yang diperlukan oleh banyak masyarakat. Dalam Islam sendiri kerjasama ini disebut dengan istilah syirkah yaitu percampuran harta antara satu pihak dengan pihak yang lainnya disertai dengan keuntungan sesuai modal masing-masing. Koperasi merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang beranggotakan orang atau badan hukum yang menjunjung tinggi nilai tolong menolong dan prinsip kerjasama sesuai dengan asas kekeluargaan. Pembagian hak SHU sesuai dengan besarnya modal dan transaksi. Anggota yang melakukan transaksi akan lebih banyak dibandingkan dengan anggota yang tidak melakukan transaksi sama sekali. Namun dalam pembagiannya ada dana cadangan yang perolehannya sama besar dengan jumlah yang diterima anggota. sedangkan dana cadangan disini belum disebut akan digunakan dalam hal apa saja, tapi hanya menyebutkan untuk menanggung resiko yang akan terjadi kemudian hari. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana perhitungan Sisa Hasil Usaha, pola bagi hasil dan tinjauan akad syirkah terhadap SHU yang dilakukan pada Koperasi Al-Ikhlas. Metode penelitian yang digunakan berbentuk analisis deskriptif dengan pengumpulan data melalui data pustaka (library research) dan data lapangan (field research) dari pengurus koperasi Al-Ikhlas. Hasil penelitian diperoleh bahwa SHU merupakan pendapatan koperasi setelah dikurangi dana cadangan dibagikan kepada anggota sebanding dengan jasa usaha yang dilakukan oleh masing-masing anggota. Perhitungan SHU pada Koperasi Al-Ikhlas dilakukan secara tahunan dilaporkan dalam rapat anggota tahunan (RAT). Dapat disimpulkan bahwa pada koperasi Al-Ikhlas, sistem bagi hasil dalam konsep fiqh telah sesuai dengan prinsip akad syirkah, karena setiap anggota koperasi mendapatkan keuntungan sesuai dengan transaksi atau kontribusi modal masing-masing anggota.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Zahratul Azkiya
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:34
Last Modified: 30 Dec 2022 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24986

Actions (login required)

View Item
View Item