Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Android Menggunakan Kodular Pada Mata Pelajaran Fikih di MAN 3 Banda Aceh

Ihsanul Taqwim, 160212009 (2022) Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Android Menggunakan Kodular Pada Mata Pelajaran Fikih di MAN 3 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Ihsanul Taqwim, 160212009, FTK, PTI.pdf] Text
Ihsanul Taqwim, 160212009, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk perancangan media pembelajaran fikih dengan menggunakan kodular berbasis android pada sekolah tersebut. Penelitian dilakukan pada tanggal 26 September 2022 – 24 Oktober 2022. Penelitian ini menggunakan pengembangan Research and Development (R&D). Teknik dalam pengumpulan data dengan penyebaran angket dan menggunakan perhitungan System Usability Scale (SUS). Langkah dalam penelitian ini dimulai dari observasi, identifikasi dan perumusan masalah, perancangan dan pengembangan aplikasi dengan R&D, evaluasi oleh ahli, pengumpulan data, hasil. Media pembelajaran ini telah di validasi oleh ahli media dengan nilai 94.5, dan guru sebagai ahli materi sebesar 97 dengan kategori sangat bagus sekali digunakan sebagai bahan ajar pelajaran Fikih. Uji coba yang telah dilakukan oleh 59 siswa pada kelas X MAN 3 Banda Aceh yang mengikuti mata pelajaran Fikih mendapatkan nilai skor SUS 73, dapat dibuktikan bahwa media pembelajaran Fikih ini dapat diterima dengan baik oleh pengguna serta menarik digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Ihsanul Taqwim Awim
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:03
Last Modified: 29 Dec 2022 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24987

Actions (login required)

View Item
View Item