Implementasi Sistem Gadai Sawah Dalam Perspketif Ekonomi Islam (Studi di Desa Lamteuba Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar)

Mikial Bulqiah, 180602007 (2022) Implementasi Sistem Gadai Sawah Dalam Perspketif Ekonomi Islam (Studi di Desa Lamteuba Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Sistem Gadai Sawah Dalam Perspketif Ekonomi Islam] Text (Implementasi Sistem Gadai Sawah Dalam Perspketif Ekonomi Islam)
Mikial Bulqiah, 180602007, FEBI, ES, 082239984993.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Salah satu praktek muamalah yang dilakukan oleh masyarakat secara umum dan kaum Muslimin secara khusus dalam memenuhi kebutuhan mereka terhadap dana tunai adalah gadai tanah atau sawah. Menggadaikan tanah atau sawah kepada pihak lain dijadikan sebagai solusi ketika mereka membutuhkan dana tunai secara mendesak. Gadai tanah atau sawah merupakan praktek muamalah yang sudah lama dilakukan oleh masyarakat secara non formal atau hanya berlandaskan pada kesepakatan lisan dan kebiasaan saja. Penelitian ini bertujuan:(1) untuk mengetahui pelaksanaan gadai sawah di Desa Lamteuba Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan gadai sawah di Desa Lamteuba Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar dampak peningkatan ekonomi masyarakat. (3) Untuk mengetahui praktik gadai sawah para petani di Desa Lamteuba Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar dalam perspektif fikih muamalah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah lapangan dan berlokasi di Desa Lamteuba Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar. Hasil penelitian ditemukan bahwa gadai yang dilakukan oleh masyarakat Desa Lamteuba belum sesuai dengan syariat Islam karena banyak di antara saat menggadaikan sawah mereka tidak menetukan batas waktu pegadaian tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Mikial Bulqiah Mikial
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:03
Last Modified: 29 Dec 2022 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24990

Actions (login required)

View Item
View Item