Pengembangan Modul Berbasis Integrasi Sains Islam Pada Materi Gerak Lurus Di Man Aceh Jaya

Felia Yuhasni, 170204051 (2022) Pengembangan Modul Berbasis Integrasi Sains Islam Pada Materi Gerak Lurus Di Man Aceh Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Modul Berbasis Integrasi Sains Islam Pada Materi Gerak Lurus Di Man Aceh Jaya] Text (Pengembangan Modul Berbasis Integrasi Sains Islam Pada Materi Gerak Lurus Di Man Aceh Jaya)
Felia Yuhasni, 170204051, FTK PFS, 082213451240.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Konsep integrasi Islam dan sains pada mata pelajaran fisika belum sepenuhnya diterapkan dalam proses pembelajaran. Sehingga, guru harus berupaya untuk dapat menyusun bahan ajar fisika yang berintegrasi Sains Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangankan bahan ajar berkualitas yang berbasis Integrasi Sains Islam pada materi Gerak Lurus di Kelas XI IPA MAN Aceh Jaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model penelitian dan pengembangan Borg & Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media dan angket. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan data kualitatif (data naratif) dari ahli media, dan ahli materi, serta data keterbacaan modul oleh siswa kemudian mengubahnya menjadi data kuantitatif (data terukur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul fisika berintegrasi islam ini menurut ahli materi mendapatkan kelayakan dengan persentase keseluruhan 91% dengan kategori sangat layak, dan menurut ahli media mendapatkan kelayakan dengan persentase 93% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Modul, Gerak Lurus, Literasi Sains.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Felia Yuhasni Lia
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:58
Last Modified: 29 Dec 2022 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24991

Actions (login required)

View Item
View Item