Nadia Fitri, 180213121 (2022) Efektivitas Teknik Miracle Question Dalam Meningkatkan Konsep Diri Akademik Siswa MTsN 2 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.
Nadia Fitri, 180213121, FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Konsep diri negatif siswa muncul akibat adanya perbandingan dengan teman-teman yang lebih pintar. Perbandingan yang dibuat siswa merupakan perwujudan evaluasi negatif siswa terhadap dirinya yang menyebabkan prilaku negatif pula. Tujuan penetian ini adalah: (1)Mengetahui tingkat konsep diri akademik siswa sebelum dilakukan tehnik miracle question. (2)Mengetahui tingkat konsep diri akademik siswa setelah diberikan tehnik miracle question. (3) Mengetahui efektifitas tehnik miracle question terhadap peningkatan konsep diri akademik siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan design one-group pretest-posttest untuk menilai efektivitas tehnik miracle question dalam meningkatkan konsep diri akademik siswa berdasarkan masing-masing kelompok. perhitungan rata-rata skor konsep diri akademik sebelum diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik miracle question masih tergolong rendah yaitu dengan nilai rata-rata 851 dan setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik miracle question mengalami peningkatan menjadi 1257. Dari uji wilcoxon menggunakan excel pada tabel “perhitungan uji wilcoxon”, maka diketahui Thitung= 0 < Ttabel = 2. Maka H0 ditolak dan Ha diterima ini artinya peserta didik mengalami peningkatkan pada konsep diri akademiknya. Dapat disimpulkan bahwa teknik miracle question efektif dalam meningkatkan konsep diri akademik siswa MTsN 2 Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling |
Depositing User: | Nadia Fitri Nadia |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 03:05 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 03:05 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24998 |