Perbedaan Sense of Humor Ditinjau Berdasarkan Tipe Kepribadian Introvert Dan Ekstrovert Pada Mahasiswa Aceh Barat Daya Yang Berkuliah Di Banda Aceh

Ainurrahmi, 180901018 (2022) Perbedaan Sense of Humor Ditinjau Berdasarkan Tipe Kepribadian Introvert Dan Ekstrovert Pada Mahasiswa Aceh Barat Daya Yang Berkuliah Di Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang psikologi klinis dan sosial] Text (membahas tentang psikologi klinis dan sosial)
Ainurrahmi (Alhamdulillah fix).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Humor menjadi salah satu sarana atau media komunikasi bagi mahasiswa untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Selain itu, humor juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah atau kondisi sulit yang stressfull yang dialami mahasiswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi humor adalah kepribadian. Karakteristik kepribadian yang cenderung lebih menikmati ingkongruensi atau kemampuan membuat lucu dan membuat mereka tertawa dianggap sebagai orang yang humoris. Penggunaan humor yang tidak sesuai dapat berdampak negatif bagi individu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sense of humor ditinjau berdasarkan tipe kepribadian introvert dan ekstrovert pada mahasiswa Aceh Barat Daya yang berkuliah di Banda Aceh. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian berjumlah 84 orang mahasiswa dari 108 populasi yang diketahui. Penelitian ini menggunakan metode skala psikologi berupa Skala Likert yang terdiri dari dua skala yaitu, Multidimentional Sense of Humor Scale (MSHS) dari Thorson & Powell (1993) 36 butir aitem (α=0,928) dan skala Tipe Kepribadian 54 butir aitem (α = 0,592). Analisis data yang digunakan adalah independent t-test. Hasil penelitian ini memperoleh nilai p=0,000 (p<0,05) yang berarti bahwa adanya perbedaan sense of humor yang signifikan pada tipe kepribadian introvert dan ekstrovert sehingga hipotesis diterima. Penelitian ini memperoleh tingkat sense of humor pada tipe kepribadian ektrovert lebih tinggi (2,2927) daripada tipe kepribadian introvert (1,7935).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Ainurrahmi Ainurrahmi
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:09
Last Modified: 02 Jan 2023 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25006

Actions (login required)

View Item
View Item