Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku dan Religiusitas Terhadap Niat dan Perilaku Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia di Aceh

Putri Rizkina, 180603251 (2022) Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku dan Religiusitas Terhadap Niat dan Perilaku Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia di Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku dan Religiusitas Terhadap Niat dan Perilaku Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia di Aceh] Text (Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku dan Religiusitas Terhadap Niat dan Perilaku Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia di Aceh)
Putri Rizkina, 180603251, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Bank Syariah Indonesia adalah bank di Indonesia yang bergerak di bidang perbankan syariah yang menawarkan produk dan layanan kepada nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sikap, norma subjektif, kontrol perilaku, dan religiusitas terhadap niat dan perilaku menjadi nasabah bank syariah Indonesia dengan pendekatan model Theory of Planned Behavior (TPB). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sikap, norma subjektif, kontrol perilaku sebagai variabel eksogen, niat menjadi nasabah sebagai variabel intervening dan perilaku sebagai variabel endogen. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 207 sampel yang didapat dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan Structural Equation Model (SEM) menggunakan Amos 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara langsung, sikap (attitude), religiusitas (religiousity), dan perilaku (behavior ) berpengaruh positif signifikan terhadap niat (intention) menjadi nasabah BSI. Sedangkan norma subjektif (subjective norm) dan kontrol perilaku (perceived behavioral control), tidak berpengaruh signifikan terhadap niat (intention) menjadi nasabah BSI. secara tidak langsung, sikap (attitude), religiusitas (religiousity), tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku (behavior) melalui mediasi niat (intention) menjadi nasabah BSI. Sedangkan norma subjektif (subjective norm), kontrol perilaku (perceived behavioral control), berpengaruh signifikan terhadap perilaku (behavior) melalui mediasi niat (intention) menjadi nasabah BSI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology, Causation, Humankind (Epistemologi, Hukum Sebab Akibat, Kemanusiaan)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Putri Rizkina Putri
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:44
Last Modified: 30 Dec 2022 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25017

Actions (login required)

View Item
View Item