Perancangan Trainer Kendali Motor Listrik Berbasis PLC Pada Mata Kuliah Praktikum Pengendalian Mesin Listrik

Mirza Sultan Farza, 180211028 (2022) Perancangan Trainer Kendali Motor Listrik Berbasis PLC Pada Mata Kuliah Praktikum Pengendalian Mesin Listrik. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perancangan Trainer Kendali Motor Listrik Berbasis PLC Pada Mata Kuliah Praktikum Pengendalian Mesin Listrik] Text (Perancangan Trainer Kendali Motor Listrik Berbasis PLC Pada Mata Kuliah Praktikum Pengendalian Mesin Listrik)
Mirza Sultan Farza, 180211028, FTK, PTE, 082364254422.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kendali Motor Listrik berbasis PLC merupakan salah satu materi yang ada dalam mata kuliah Praktikum Pengendalian Mesin Listrik yang membutuhkan suatu media untuk memudahkan mahasiswa/i saat praktikum. Trainer dan modul praktikum ini dikembangkan sebagai alat bantu dosen pengajar dalam menjelaskan materi kendali motor listrik berbasis PLC. Trainer PLC pada penelitian ini menggunakan modul PLC Zelio tipe SR2 B201FU. Penelitian ini menggunakan metode research & development baik dalam perancangan trainer maupun penyusunan modul praktikum PLC. Instrumen penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi untuk menguji kelayakan trainer untuk diterapkan dalam Praktikum Pengendalian Mesin Listrik. Angket digunakan untuk mengetahui tanggapan responden terkait pentingnya penggunaan trainer dan modul praktikum kendali motor listrik berbasis PLC pada mata kuliah Praktikum Pengendalian Mesin Listrik. Hasil validasi ahli media dan ahli materi membuktikan bahwa trainer dan modul praktikum kendali motor listrik berbasis PLC sangat layak dari segi media dan materi. Berdasarkan persentase nilai yang diperoleh dari ahli media yaitu 91% dan ahli materi memperoleh nilai 98% termasuk dalam kategori sangat layak untuk diterapkan dalam mata kuliah Praktikum Pengendalian Mesin Listrik. Adapun hasil tanggapan responden mahasiswa terkait pentingnya penggunaan trainer dan modul PLC memperoleh hasil sebesar 87% termasuk dalam kategori sangat penting diterapkan dalam praktikum.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, PLC, Trainer, Kendali Motor Listrik, Modul Praktikum.
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Mirza Sultan Farza
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:54
Last Modified: 30 Dec 2022 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25018

Actions (login required)

View Item
View Item