Sistem Klaim Produk Asuransi All Risk Pada Penanggungan Kecelakaan Yang Menewaskan Korban Dalam Perspektif Akad Kafalah (Suatu Penelitian Pada PT. Adira Cabang Banda Aceh)

Muhammad Julfrijal, 150102076 (2022) Sistem Klaim Produk Asuransi All Risk Pada Penanggungan Kecelakaan Yang Menewaskan Korban Dalam Perspektif Akad Kafalah (Suatu Penelitian Pada PT. Adira Cabang Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Sistem Klaim Produk Asuransi All Risk Pada Penanggungan Kecelakaan Yang Menewaskan Korban Dalam Perspektif Akad Kafalah (Suatu Penelitian Pada PT. Adira Cabang Banda Aceh)] Text (Sistem Klaim Produk Asuransi All Risk Pada Penanggungan Kecelakaan Yang Menewaskan Korban Dalam Perspektif Akad Kafalah (Suatu Penelitian Pada PT. Adira Cabang Banda Aceh))
Muhammad Julfrijal, 150102076, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Asuransi merupakan upaya proteksi risiko kerugian yang dilakukan oleh perusahaan terhadap peserta dengan menggunakan akad kafalah. Risiko yang dipertanggungkan disepakati sesuai kesepakatan yang dicantumkan dalam polis. Pada penelitian ini, objek yang diteliti tentang produk all risk pada PT. Adira cabang Banda Aceh, dengan tujuan penelitian yaitu bagaimana penanggungan risiko pada asuransi all risk terhadap klaim asuransi kecelakaan, sistem pengajuan klaim terhadap korban dan perspektif akad kafalah pada klaim kecelakaan yang menewaskan korban pada PT. Adira cabang Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan data dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh bahwa polis asuransi PT Adira dicantumkan perjanjian penanggungan risiko untuk produk all risk untuk memproteksi peserta dari risiko disebabkan penggunaan mobil, kendaraan dan juga pihak lain yang merupakan pengguna jalan raya. Dengan produk asuransi all risk pihak pemilik mobil ditanggung segala risikonya termasuk jiwa dari pihak yang diasuransikan, sehingga kecelakaan yang menyebabkan luka bahkan kehilangan nyawa diproteksi oleh PT Adira dengan pembayaran klaim sesuai yang dicantumkan dalam polis. Pada pengajuan klaim produk asuransi all risk PT Adira mencakup seluruh persyaratan administrasi dan substansi. Pihak perusahaan asuransi membutuhkan data yang jelas dari keseluruhan diktum yang dimuat dalam polis sebagai akurasi identitas para pihak. Pada substansi, pihak manajemen asuransi membutuhkan informasi akurat berupa pelaporan awal dan bukti fisik dari kecelakaan, seperti photo dan bukti konkrit kendaraan serta visum dari pihak medis. Dalam perspektif akad kafalah bahwa polis asuransi all risk harus mampu mengcover kerugian yang dialami oleh pihak peserta asuransi dan termasuk pihak korban ataupun ahli warisnya yang menderita akibat dari peristiwa yang dipertanggungkan dalam polis asuransi all risk ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.227 Asuransi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Julfrijal Muhammad
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:43
Last Modified: 30 Dec 2022 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25022

Actions (login required)

View Item
View Item