Arsitektur Masjid Tuha Gampoeng Ie Masen Ulee Kareng Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh (Satu Kajian Arkeologis)

Safrizal, 160501051 (2022) Arsitektur Masjid Tuha Gampoeng Ie Masen Ulee Kareng Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh (Satu Kajian Arkeologis). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Arsitektur Masjid Tuha Gampoeng Ie Masen Ulee Kareng Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh (Satu Kajian Arkeologis)] Text (Arsitektur Masjid Tuha Gampoeng Ie Masen Ulee Kareng Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh (Satu Kajian Arkeologis))
Safrizal, 160501051, FAH, SKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Arsitektur Masjid Tuha Gampong Ie Masen Ulee Kareng Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh (Satu Kajian Arkeologis)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk arsitektur Masjid Tuha Ie Masen Ulee Kareng serta analisis arkeologis terhadap bentuk bangunan dan ornamen Masjid Tuha Ie Masen. Penelitian ini dikaji dengan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif-analisis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa bentuk bangunan Masjid Tuha Ie Masen sudah mengalami perubahan dari bentuk aslinya. Ada beberapa bagian yang sudah direnovasi, seperti bagian atap Masjid, bagian lantai dan juga dinding. Tiang penyangga dalam masjid belum direnovasi sebab masih menggunakan tiang kayu. Dilihat dari aspek arkeologis, bentuk bangunan atau arsitektur Masjid Tuha Ie Masen Ulee Kareng cenderung sama seperti masjid tua yang ada di Aceh secara khusus dan di Indonesia secara umum. Dilihat dari aspek ornamen masjid Tuha Ie Masen, ditemukan bahwa tiang dalam masjid berbentuk bangun ruang geometri yang terdiri dari delapan sisi. Bagian kayu penyangga dan penghubung antar tiang menggunakan ornamen flora, bagian atas atap masjid terdapat ornamen buah labu. Ornamen pada bagian dalam masjid yang berbentuk kaligrafi bacaan doa iktikaf dan dua kalimat syahadat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.7 Kesenian dan Kebudayaan
700 Arts and Recreation > 720 Architecture (Arsitektur)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Safrizal Safrizal
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:06
Last Modified: 30 Dec 2022 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25026

Actions (login required)

View Item
View Item