Analisa Penggunaan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu Elektronik Terhadapat Pengeluaran Konsumsi Masyarakat Di Kota Banda Aceh di Input dari Perspektif Islam

Alfarabi Kutaraja, 140602194 (2020) Analisa Penggunaan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu Elektronik Terhadapat Pengeluaran Konsumsi Masyarakat Di Kota Banda Aceh di Input dari Perspektif Islam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisa Penggunaan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu Elektronik] Text (Analisa Penggunaan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu Elektronik)
Sayed Afif, 140602029, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh alat pembayaran menggunakan kartu Kredit dan Debit (APMK), serta religiusitas terhadap pengeluaran konsumsi msyarakat di Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Adapun yang menjadi sampel penelitian ini adalah 100 orang responden yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengujian hipotesis menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS versi 20. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pengeluaran konsumsi msyarakat sedangkan variabel independennya terdiri dari kartu kredit dan debit (APMK) dan religiusitas. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terhadap pengaruh positif antara variabel kartu kredit dan debit (APMK) serta religiusitas dengan pengeluaran konsumsi masyarakat. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan kartu elektronik secara bersama-sama berpengaruh siknifika terhadap pengeluran konsumsi masyarakat. Hal ini dapat di liat dari nilai Fhitung sebesar 81,992 dengan probabilitas signifikan 0,000 dan secara parsial kedua variabel (APMK) dan regiliusitas berpengaruh signifikan. Penelitian ini dapat di simpulkan bahwa pengunaan alat pembayaran menggunakan alat elektronik (APMK) terhadap konsumsi masyarat berpengaruh positif dan tingkat religiusitas masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Alfarabi Kutaraja Alfarabi
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:49
Last Modified: 30 Dec 2022 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25029

Actions (login required)

View Item
View Item