Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV di MIN 1 Aceh Besar

Rima Nopita, 180209093 (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV di MIN 1 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Bahan  Ajar Berbasis Project Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV di MIN 1 Aceh Besar] Text (Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV di MIN 1 Aceh Besar)
Rima Nopita, 180209093, FTK, PGMI, 082267835033.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa belum mendapatkan fasilitas belajar yang baik, siswa dalam kelas tersebut kurang memahami penjelasan guru mengenai materi pembelajaran, dan model pembelajaran yang diterapkan kurang tepat. Hal ini dapat mengakibatkan kurang aktifnya siswa dalam berpartisipasi mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Kurangnya penggunaan buku panduan atau bahan ajar pada siswa juga menyebabkan siswa kurang termotivasi saat pembelajaran berlangsung, sehingga hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Dalam pembelajaran, guru harus lebih kreatif lagi dan harus menerapkan model pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa guru dapat menggunakan bahan ajar berbasis Project Based Learning agar siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar berbasis project based learning dalam pembelajaran tematik kelas IV di MIN 1 Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar berbasis Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta analisis hasil tes. Data penelitian dihitung menggunakan rumus. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah aktivitas guru pada siklus 1 yaitu 77,38% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 94,44%. Sedangkan pada aktivitas siswa pada siklus 1 diperoleh nilai 65,48% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 93,52%. Adapun hasil belajar siswa pada siklus 1 memperoleh nilai 40% dan meningkat pada siklus 2 dengan nilai 92% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis Project Based Learning dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MIN 1 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rima Nopita
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:40
Last Modified: 02 Jan 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25035

Actions (login required)

View Item
View Item