Hubungan Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Kesehatan Gigi Poltekes Kemenkes Aceh

Fikriatul Husnia, 180901040 (2023) Hubungan Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Kesehatan Gigi Poltekes Kemenkes Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Psikologi.

[thumbnail of Hubungan Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Kesehatan Gigi Poltekes Kemenkes Aceh] Text (Hubungan Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Kesehatan Gigi Poltekes Kemenkes Aceh)
Fikriatul Husnia, 180901040, FPS, PSI, 085359693250.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Hardiness pada mahasiswa Kesehatan Gigi Poltekes Kemenkes Aceh juga berpengaruh dalam menghadapi stres akademik. Jika mahasiswa masih kurang hardiness dalam mengatasi stres saat menjalani proses akademik, maka stres akademik tersebut menjadi rendah sehingga dapat memberi pengaruh signifikan pada masa depan. Stres akademik adalah persepsi individu terhadap stressor akademik dan bagaimana individu menanggapinya (reaksi fisik, emosional, dan perilaku dari stressor tersebut, serta kesadaran kognitif). hardiness seperangkat sikap dan keterampilan belajar yang membantu individu mengubah situasi yang memiliki berpotensi mengancam menjadi peluang untuk pengembangan diri dengan menggali makna dibalik situasi yang terjadi disekitar individu sehingga individu dapat meningkatkan kinerja meski berada di bawah tekanan, serta menjaga kebugaran individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubuangan antara hardiness dengan stres akademik pada mahasiswa Kesehatan Gigi Poltekes Kemenkes Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif dengan metode korelasional. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala hardiness berdasarkan teori Maddi, S. L (2013) dan skala stres akademik berdasarkan teori Gadzella, B. M & Masten, W.G (2005). Jumlah populasi sebanyak 221 mahasiswa dan sampel sebanyak 135 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode probability sampling dengan teknik stratified random sampling. Analisis data yang digunakan adalah korelasi dari Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi sebesar ρ = -0,232 dengan p = 0,007 hal tersebut menandakan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara hardiness dengan stres akademik, artinya semakin tinggi hardiness maka semakin rendah stres akademik, sebaliknya semakin rendah hardiness maka semakin tinggi stres akademik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Fikriatul Husnia
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:41
Last Modified: 02 Jan 2023 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25036

Actions (login required)

View Item
View Item