Analisis Sistem Klasifikasi Koleksi Di Taman Baca Masyarakat (Penelitian di TBM RUMAN Punge Blang Cut Banda Aceh dan TBM Ar-Rasyid Lambateng Kajhu Aceh Besar

Maulina, 150503100 (2022) Analisis Sistem Klasifikasi Koleksi Di Taman Baca Masyarakat (Penelitian di TBM RUMAN Punge Blang Cut Banda Aceh dan TBM Ar-Rasyid Lambateng Kajhu Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Sistem Klasifikasi Koleksi] Text (Analisis Sistem Klasifikasi Koleksi)
Maulina, 150503100, FAH, IP, 082361862684.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Sistem Klasifikasi Koleksi Di Taman Baca Masyarakat (Penelitian di TBM RUMAN Punge Blang Cut Banda Aceh dan TBM Ar-Rasyid Lambateng Kajhu Aceh Besar”. Klasifikasi adalah proses pengelompokan artinya mengumpulkan benda yang sama serta memisahkan benda yang tidak sama. Pengelompokan koleksi perpustakaan yang biasa disebut dengan klasifikasi dapat mempermudah dalam melakukan temu balik informasi Menurut Zainab, temu balik informasi sebagai suatu proses pencarian dokumen dengan menggunakan istilah-istilah pencarian untuk mendefinisikan dokumen sesuai dengan subjek yang diinginkan. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana sistem klasifikasi koleksi yang diterapkandi TBM RUMAN dan AR-RASYID.Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan sistem klasifikasi koleksi di Taman Baca Masyarakat Ruman dan Ar-Rasyid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah penerapan sistem klasifikasi koleksi di Taman Baca Masyarakat Ruman dan Ar-Rasyid dengan menggunakan pendekatan studi sistem klasifikasi koleksi. Teknik yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data adalah Observasi dan wawancara. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Taman Baca Masyarakat Ruman dan Taman Baca Ar-Rasyid belum menerapkan sistem klasifikasi sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan Republik Indonesia. Sistem klasifikasi yang digunakan di di TBM RUMAN Punge Blang Cut Banda Aceh dan TBM Ar-Rasyid adalah klasifikasi artificial. Berdasarkan pemaparan diatas, penulis menyimpulkan kesimpulan bahwa sistem klasifikasi koleksi di Taman Baca Masyarakat (Penelitian di TBM RUMAN Punge Blang Cut Banda Aceh dan TBM Ar-Rasyid Lambateng Kajhu Aceh Besar), menggunakan sistem klasifikasi artificial. Kegiatan pengolahan bahan pustaka meliputi berupa inventarisasi, klasifikasi artificial dengan pengelompokkan buku berdasarkan jenis buku, yaitu koleksi umum dan koleksi anak. Penerapan sistem klasifikasi artificial belum dapat membantu memudahkan temu kembali informasi, karena tidak terdapat katalogisasi dan alat bantu telusur.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Abdul Manar, S.IP, M.HUM 2. Drs. Syukrinur, M.LIS
Uncontrolled Keywords: Klasifikasi, Taman Baca, Temu Kembali Informasi.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Maulina Maulina
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:12
Last Modified: 02 Jan 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25039

Actions (login required)

View Item
View Item