Perancangan Prototipe Panduino Untuk Keamanan Sepeda Motor Berbasis Gsm Dan Gps

Muhammad Syafari, 180211066 (2023) Perancangan Prototipe Panduino Untuk Keamanan Sepeda Motor Berbasis Gsm Dan Gps. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perancangan Prototipe Panduino Untuk Keamanan Sepeda Motor Berbasis Gsm Dan Gps] Text (Perancangan Prototipe Panduino Untuk Keamanan Sepeda Motor Berbasis Gsm Dan Gps)
Muhammad Syafari, 1802110066, FTK, PTE, 085294299330.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi semakin berkembang membuat manusia untuk berpikir semaksimal mungkin untuk berinovasi menghasilkan karya teknologi terbaru. Meningkatnya angka penjualan transportasi khususnya kendaraan roda dua, dikarenakan harga yang relatif murah sehingga hampir semua lapisan masyarakat dapat memiliki sepeda motor. Namun perkembangan itu tidak diimbangi dengan perkembangan sistem keamanannya. Sistem keamanan yang digunakan pada kendaraan berupa elektrik maupun non elektrik seperti kunci stang, kunci kontak sampai alarm yang terpasang pada sepeda motor. Walaupun ada beberapa produsen motor sudah menggunakan Shutter Key Magnet tetapi nyatanya keamanan tersebut belum efisien untuk keamanan motor, tetap saja pencurian terjadi. Walaupun sudah dilengkapi perangkat tambahan. Pemberian alat tambahan tersebut hanya menghambat proses pencurian pada sepeda motor dan tidak dapat memudahkan kita untuk menemukan motor yang hilang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research dan Development (R&D) adalah suatu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk dan menguji produk tersebut. Hasil dari penelitian ini perancangan prototipe panduino untuk keamanan sepeda motor berbasis GSM dan GPS merupakan alat yang dapat memantau lokasi sepeda motor yang hilang. Lokasi yang dapat dilacak oleh GPS tidak terbatas karena cakupan wilayah seluruh permukaan bumi. Alat yang dibuat terkoneksi dengan aplikasi Blynk yang dapat dipantau secara Realtime serta menggunakan SMS yang berfungsi apabila jaringan 3G dan 4G terdapat gangguan. Hal ini menjadi aternatif untuk memantau posisi kendaraan, kendaraan dapat dimatikan menggunakan aplikasi Blynk.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keamanan sepeda motor, GSM, GPS, Arduino Nano
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Muhammad Syafari
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:13
Last Modified: 04 Jan 2023 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25047

Actions (login required)

View Item
View Item