Konsep Hermeneutika Amina Wadud Tentang Kesetaraan Gender

Azriel Muhammad, 180303057 (2023) Konsep Hermeneutika Amina Wadud Tentang Kesetaraan Gender. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang kesetaraan gender] Text (membahas tentang kesetaraan gender)
Azriel Muhammad, 180303057, FUF, IAT, 082272626413.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Agama Islam adalah agama yang menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan baik untuk kamu laki-laki dan perempuan. Di sisi lain, masih banyak terjadi ketidak adilan dari segi kesetaraan gender dalam kehidupan saat ini. Amina Wadud merupakan sosok pemikir Islam Feminis yang menyuarakan bahwasanya ayat Alqruan yang berkenaan dengan gender haruslah ditafsir juga dari pihak perempuan agar tidak terjadi penafsiran yang bias patriarki. Penelitian ini ingin melihat bagaimana Amina Wadud memandang ayat-ayat berkenaan dengan gender sehingga tidak ada pihak yang ditindas karena kesalahpahaman dalam menafsirkan ayat Alquran. Jenis penelitian ini adalah perpustakaan (library research). Dalam penyajian data pada penelitian ini menggunakan metode deduktif dan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Amina Wadud menawarkan sebuah metode penafsiran Alquran berbasis pendekatan hermeneutika sehingga membuat hasil penfasiran dengan menggunakan metode ini akan mengakomodir nilai-nilai keadilan gender dan memininalisir sistem patriarki. Amina wadud membuat 3 kategori model penafsirann Alquran yaitu; 1. Tafsir tradisional, 2. Tafsir reaktif, 3. Tafsir holistik. Metode tersebut digunakan dalam menafsirkan Alquran, Amina Wadud tidak hanya melihat dari segi tekstual saja dlaam menafsirkan Alquran, namun juga melihat dari segi kontekstual, sehingga menghasilkan penafsiran yang baik dan sesuai dalam ajaran agama Islam.
Kata Kunci: Gender, Amina Wadud, Kesetaraan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an > 2X1.31 Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Azriel Azriel Muhammad
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:11
Last Modified: 02 Jan 2023 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25051

Actions (login required)

View Item
View Item