Hubungan Interaksi Sosial Dengan Kebahagiaan Pada Lansia Di UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Di Ulee Kareng Kota Banda Aceh

Zahratul Fitri, 180901071 (2022) Hubungan Interaksi Sosial Dengan Kebahagiaan Pada Lansia Di UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Di Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang psikologi sosial] Text (Membahas tentang psikologi sosial)
ZAHRATUL FITRI (SKRIPSI).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kebahagiaan merupakan konsep yang mengacu pada emosi positif yang dirasakan individu serta aktivitas-aktivitas positif yang disukai oleh individu. Kebahagiaan dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor yang mempengaruhi kebahagiaan adalah interaksi sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial dengan kebahagiaan pada Lansia UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Ule Kareng Kota Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling. Populasi dalam penelitian ini seluruh lansia UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Ulee Kareng Kota Banda Aceh dengan jumlah sampel sebanyak 47 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala interaksi sosial yang disusun dari aspek-aspek yang dikemukakan oleh Baharuddin (2021) dan skala kebahagiaan disusun berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Seligman (dalam Sarmadi, 2018). Hasil penelitian menunjukkan nilai r = 0,654 merupakan korelasi positif dan signifikan p= 0,000 (p<0,05) bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi sosial dengan kebahagiaan pada lansia UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Ule Kareng Kota Banda Aceh. Artinya semakin tinggi interaksi sosial maka semakin tinggi kebahagiaan pada Lansia UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Ule Kareng Kota Banda Aceh begitu pula sebaliknya semakin rendah interaksi sosial maka semakin rendah kebahagiaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Zahratul Fitri
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:13
Last Modified: 02 Jan 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25053

Actions (login required)

View Item
View Item