Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Konsumtif Pada Pengguna Shopee Di Desa Panteriek

Khairatun Ikhsan, 180901087 (2023) Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Konsumtif Pada Pengguna Shopee Di Desa Panteriek. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Konsumtif Pada Pengguna Shopee Di Desa Panteriek] Text (Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Konsumtif Pada Pengguna Shopee Di Desa Panteriek)
Khairatun Ikhsan, 180901087, PSI, PSI, 082363078548.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kecerdasan emosi mempengaruhi perilaku seseorang, salah satunya perilaku berbelanja. Individu dapat menjadi konsumtif apabila aktivitas belanja dilakukan atas dasar dorongan emosi sesaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan kecerdasan emosi dengan perilaku konsumtif pada pengguna aplikasi Shopee di Desa Panteriek. Landasan teori yang digunakan untuk mendefinisikan serta menguraikan variabel-variabel penelitian di antaranya adalah teori Perilaku Konsumtif yang dikemukakan oleh Sumartono dan teori Kecerdasan Emosi yang dikemukakan oleh Daniel Goleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode nonprobability sampling. Sampel penelitian ini berjumalah 378 orang warga Desa Panteriek yang berbelanja menggunakan aplikasi Shopee yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,705. Sehingga p < 0,05 yang artinya hipotesis diterima dan (r) -0,705 yang artinya terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosi dengan perilaku konsumtif. Semakin tinggi kecerdasan emosi maka semakin rendah perilaku konsumtif, sebaliknya, semakin rendah kecerdasan emosi maka semakin tinggi perilaku konsumtif

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosi, Perilaku Konsumtif, Shopee
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Khairatun Ikhsan Khaira
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:10
Last Modified: 02 Jan 2023 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25055

Actions (login required)

View Item
View Item