Pengelolaan Tata Ruang Perpustakaan Dalam Peningkatkan Minat Baca Di MTsN 2 Aceh Besar

Irmayana, 180206055 (2023) Pengelolaan Tata Ruang Perpustakaan Dalam Peningkatkan Minat Baca Di MTsN 2 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengelolaan Tata Ruang Perpustakaan Dalam Peningkatkan Minat Baca Di MTsN 2 Aceh Besar] Text (Pengelolaan Tata Ruang Perpustakaan Dalam Peningkatkan Minat Baca Di MTsN 2 Aceh Besar)
Irmayana, 180206055, FTK, MPI, 082367000729.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB)

Abstract

Tata ruang perpustakaan merupakan salah satu faktor penunjang kenyamanan pengunjung. Ketidak sesuaian penyusunan tata ruang perpustakaan dapat menyebabkan pengunjung merasa tidak nyaman. Dengan demikian, maka diperlukan pengelolaan tata ruang perpustakaan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan tata ruang perpustakaan di MTsN 2 Aceh Besar, strategi kepala perpustakaan dalam peningkatan minat baca di MTsN 2 Aceh Besar, dan kendala yang dihadapi dalam proses pengelolaan tata ruang perpustakaan dalam peningkatan minat baca di MTsN 2 Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala perpustakaan, staf perpustakaan dan siswa. Tekik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengelolaan tata ruang perpustakaan di MTsN 2 Aceh Besar sudah berjalan dengan baik, walaupun belum memenuhi standar pengelolaan perpustakaan. Akan tetapi, pelaksanaan pengelolaan tata ruang sudah berjalan dengan mestinya, baik dari segi penyusunan ruangan, struktur organisasi, pelayanan dan penyusunan perabotan perpustakaan. (2) strategi kepala perpustakaan dalam peningkatan minat baca yaitu dengan membuat program perpustakaan seperti mengaktifkan pojok baca disetiap sudut kelas, membuat nyaman suasana ruangan perpustakaan, memberikan tugas yang berhubungan dengan perpustakaan, dan memberikan reward kepada siswa yang sering berkunjung ke perpustakaan. (3) kendala yang dihadapi dalam proses pengelolaan tata ruang perpustakaan dalam peningkatan minat baca di MTsN 2 Aceh Besar yaitu ruangan yang sempit, kurangnya pendanaan, dan kurangnya buku-buku bacaan lain seperti buku fiksi dan buku cerita lainnya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Irmayana Irmayana
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:35
Last Modified: 03 Jan 2023 07:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25062

Actions (login required)

View Item
View Item