Dinamika Perkembangan Majelis Taklim Halaqah Al-Qur’an Pada Masyarakat Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues

Fauziah Humairah, 180404060 (2023) Dinamika Perkembangan Majelis Taklim Halaqah Al-Qur’an Pada Masyarakat Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Dinamika Perkembangan Majelis Taklim Halaqah Al-Qur’an Pada Masyarakat Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues] Text (Dinamika Perkembangan Majelis Taklim Halaqah Al-Qur’an Pada Masyarakat Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues)
Fauziah Humairah, 180404060, FDK, PMI, 082284764918.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Dinamika perkembangan adalah pola atau proses pertumbuhan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya Majelis Taklim Halaqah Al-Qur’an yang dapat menangani dinamika perkemkembangan. Majelis Taklim Halaqah Al-Qur’an adalah sebuah lembaga non-formal dengan kegiatan Majelis yang dilaksanakan dengan penuh semangat, yang mencocokan dengan kondisi atau permasalahan yang terjadi dalam masyarakat, tidak bersifat statis sebab persoalan umat saat ini begitu kompleks. Majelis Taklim dapat dilakukan dengan melihat keadaan masyarakat yang sebenar-benarnya, dan mencari metode baru yang lebih menarik dan tepat untuk dilaksanakan dalam kegiatan majelis taklim. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dinamika perkembangan majelis taklim Halaqah Al-Qur’an pada masyarakat Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues, Mengetahui hambatan sebagian Ibu-ibu kurang berpartisipasi dalam mengikuti majelis taklim, Dan untuk mengetahui bagaimana upaya pengurus majelis taklim mempertahankan pengajian di Gayo Lues. Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan metode penelitian kualitatif berdasarkan data primer yang diperoleh dari penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan tenis analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perkembangan majelis taklim Halaqah Al-Qur’an yang sangat dinamis. Sebab dengan adanya mejelis tersebut banyak masyarakat antusias untuk menghadiri pengajian tersebut. Sebelum berdirinya majelis ini banyak masyarakat yang belum mengerti ilmu agama Islam serta ilmu Al-Qur’an, setelah ada majelis taklim Halaqah Al-Qur’an di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan pengetahuan dan pengajaran, sehingga wawasan masyarkat mengenai Agama Islam pun mulai meluas. Meskipun beberapa metode atau materi yang disampaikan kurang dipahami oleh masyarakat. Namun semangat masyarakat untuk belajar dalam pengajian tersebut luar biasa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fauziah Humairah
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:18
Last Modified: 03 Jan 2023 07:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25063

Actions (login required)

View Item
View Item