Perubahan Perilaku Anak Berhadapan Dengan Hukum Pasca Pembinaan Dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh

Azra Dellya, 180405016 (2023) Perubahan Perilaku Anak Berhadapan Dengan Hukum Pasca Pembinaan Dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Perubahan Perilaku Anak Berhadapan Dengan Hukum Pasca Pembinaan Dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh] Text (Perubahan Perilaku Anak Berhadapan Dengan Hukum Pasca Pembinaan Dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh)
Azra Dellya, 180405016, FDK, KESOS, 082268273636.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pembentukan karakter seseorang sangat disesuaikan dengan kondisi yang dirasakan. Perubahan perilaku akan berubah sesuai dengan apa yang dipelajari melalui berbagai faktor eksternal. Perilaku anak pada dasarnya sangat mudah mengalami perubahan sesuai dengan apa yang dipelajari, pembentukan perilaku tersebut baik berupa positif maupun negatif. Maka dalam hal ini, diperlukan pembinaan sebagai upaya pengendalian terhadap perilaku anak yang menjadikan anak tersebut lebih baik lagi. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perubahan perilaku anak di LPKA Banda Aceh pasca mendapatkan pembinaan di LPKA dan untuk meneliti strategi bimbingan lanjut yang dilakukan oleh Pembinaan Khusus Anak (LPKA) dalam mengontrol perilaku Anak Berhadapan Dengan Hukum pasca mendapatkan layanan pembinaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian diketahui bahwa Anak Berhadapan dengan Hukum telah mendapatkan pembinaan dan pengawasan secara penuh dan dilakukan sebagai rutinitas, selama masa hukuman di LPKA telah mengalami perubahan yang positif walaupun tidak sepenuhnya. Namun pasca pembinaan yang didapatkan oleh anak sebagian besar pada kegiatan positif diterapkan dalam kehidupan. Tidak hanya perubahan positif, justru hal yang negatif tidak begitu saja hilang dari karakter anak tersebut dan bahkan perilaku mereka bisa terulang kembali disebabkan oleh faktor eksternal khususnya kurang bimbingan serta pengontrolan dari pihak keluarga. Pasca pembinaan dari LPKA Anak Berhadapan dengan Hukum sudah tidak menjadi kewenangan dari pihak LPKA, melainkan Bimbingan akan dilanjuti oleh pihak Balai Permasyarakatan. Selama ada penetapan di balai permasyarakatan, menjadi tanggung jawab balai permasyarakatan untuk melakukan bimbingan, pengawasan, dan kewenangannya. Balai Permasyarakatan sangat berperan dalam melaksanakan pembimbingan dan pengawasan ABH pasca pembinaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Azra Dellya
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:17
Last Modified: 03 Jan 2023 07:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25064

Actions (login required)

View Item
View Item