Analisis Kebijakan Pendistribusian Zakat Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Mustahik (Studi Kasus pada Baitul Mal Aceh)

Muhammad Haiqal, 191008013 (2023) Analisis Kebijakan Pendistribusian Zakat Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Mustahik (Studi Kasus pada Baitul Mal Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana Ekonomi Syariah.

[thumbnail of Analisis Kebijakan Pendistribusian Zakat Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Mustahik (Studi Kasus pada Baitul Mal Aceh)] Text (Analisis Kebijakan Pendistribusian Zakat Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Mustahik (Studi Kasus pada Baitul Mal Aceh))
Muhammad Haiqal, 191008013, PASCA, ES, 08116800083 (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Peningkatan ekonomi pada mustahik merupakan salah satu tujuan pendistribusian zakat, dimana orang miskin (mustahik) tidak hanya mampu bertahan hidup dengan terpenuhinya kebutuhan dasar saja, tetapi juga harus mampu bekerja dan memenuhi kebutuhannya dan keluarganya secara mandiri. Kemandirian mustahik penting untuk memecahkan masalah ketimpangan, pengangguran dan kemiskinan dalam masyarakat. Hal ini hanya dapat tercapai jika kebijakan pendistribusian zakat mampu digunakan sebagai sarana pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin (mustahik) yang akan meningkatkan kapasitas mereka dan memungkinkan mereka untuk berwirausaha sehingga mampu memenuhi kehidupan mereka sendiri. Penelitian ini menggunakan metode deskritif analisis. Adapun sumber data primernya diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumen dari Baitul Mal Aceh (BMA), sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku dan tulisan-tulisan yang berkaitan dengan kajian ini. Penelitian ini menggunakan data field research atau penelitian lapangan, dengan menggunakan analisis kualitatif dan deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Baitul Mal Aceh telah melakukan pengelolaan dan pendistribusian zakat yang sesuai dengan aturan yang berlaku untuk memberdayakan mustahik. Baitul Mal Aceh telah juga melakukan berbagai pengawasan atau evaluasi terhadap pendistribusian zakat yang sudah berjalan dengan baik namun terdapat beberapa hal yang belum sejalan dengan yang diharapkan. Baitul Mal Aceh lewat program pemberdayaan ekonomi mampu meningkatkan ekonomi atau kesejahteraan mustahik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Haiqal
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:12
Last Modified: 03 Jan 2023 07:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25070

Actions (login required)

View Item
View Item