Seni Kerawang Gayo Lues Di Kecamatan Tripe Jaya Kabupaten Gayo Lues (Kajian Motif, Warna Dan Makna Simbol)

Maryam, 170501018 (2022) Seni Kerawang Gayo Lues Di Kecamatan Tripe Jaya Kabupaten Gayo Lues (Kajian Motif, Warna Dan Makna Simbol). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Seni Kerawang Gayo Lues Di Kecamatan Tripe Jaya Kabupaten Gayo Lues  (Kajian Motif, Warna Dan Makna Simbol)] Text (Seni Kerawang Gayo Lues Di Kecamatan Tripe Jaya Kabupaten Gayo Lues (Kajian Motif, Warna Dan Makna Simbol))
Maryam, 170501018, FAH, SKI, 082268912564.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Seni Kerawang Gayo Lues di Kecamatan Tripe Jaya Kabupaten gayo Lues (Kajian Motif, Warna dan Makna Simbol Kerawang Gayo Lues)”. Kerawang Gayo sangat dikenal oleh masyarakat baik dari masyarakat lokal maupun masyarakat luar karena kerawang telah menjadi symbol seni dari masyarakat Gayo Lues, Kerawang Gayo juga sangat dikenal dengan ukiran seni yang menjadikan satu karakter bagi masyarakat Gayo Lues yang bisa dilihat dari makna ukiran Kerawang Gayo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Proses pembuatan kerawang Gayo Lues 2). Perkembangan kerawang Gayo 3) kajian warna, motif, dan makna symbol kerawang Gayo Lues. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam skripsi ini melalui obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sampel dalam peneliitian ini adalah orang-orang yang mengetahui tentang kerawang Gayo dari beberapa aspek seperti dari unsur kesenian, makna motif, dan juga proses pembuatan kerawang Gayo, seperti tokoh adat, pengrajin kerawang, tokoh masyarakat, dan orang-orang yang berpengalaman serta mengetahui tentang kerawang Gayo. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode diskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memberikan jawaban tentang makna kerawang Gayo. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa 1). Kerawang Gayo memiliki banyak motif dan makna dari setiap motif tersebut, seperti motif mata itik yang bermakna sebagai ulama memberikan pengetahuan dan pencerahan terhadap dunia dan akhirat serta lahir batin. Motif kerawang ada banyak sekali sehingga tidak bisa disebutkan oleh penulis di awal, para pembaca bisa melihat di halaman hasil penelitian. 2). Perkembangan kerawang Gayo pada masyarakat Gayo yang dilihat dari unsur kesenian, perkembangan ini banyak motif kerawang Gayo yang dikombinasikan oleh kerajinan tangan masyarakat seperti tas, baju, dan lain lain. Hal ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengembangkan kerawang Gayo pada masyarakat luar. 3). Pembuatan kerawang Gayo bagi pengrajin kerawang dilakukan yang diawali dengan sulaman, sulaman yang dilakukan dengan berbagai macam motif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kerawang, Motif, Seni, warna, dan Makna Simbol.
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X9 Sejarah Islam dan Biografi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Maryam Maryam
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:17
Last Modified: 03 Jan 2023 07:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25071

Actions (login required)

View Item
View Item