Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Agresif Pada Siswa SMP Negeri 3 Kluet Timur

Darmayanti, 170213073 (2022) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Agresif Pada Siswa SMP Negeri 3 Kluet Timur. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Agresif        Pada Siswa   SMP Negeri 3 Kluet Timur] Text (Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Agresif Pada Siswa SMP Negeri 3 Kluet Timur)
Darmayanti, 170213073, FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Perilaku agresif merupakan tingkah laku individu yang ditujukan untuk melukai atau mencelakakan individu lain yang tidak menginginkan datangnya tingkah laku tersebut. Bentuk- bentuk perilaku agresif ada empat yaitu, agresif fisik, agresif verbal, agresif marah dan agresif sikap permusuhan. Bimbingan kelompok merupakan suatu upaya bantuan yang diberikan kepada siswa melalui dinamika kelompok dan upaya bantuan tersebut diberikan agar siswa bisa melewati masa perkembangannya dengan baik. Bimbingan kelompok disekolah merupakan salah satu jenis layanan yang dapat mengurangi prilaku agresif siswa. Melalui kegiatan bimbingan kelompok siswa akan mendapat berbagai informasi melalui suatu dinamika kelompok, yang secara langsung memberikan pengalaman didalam dirinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap agresif pada siswa di SMP Negeri 3 Kluet Timur. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VII, VIII, IX sebanyak 84 orang. Sampel penelitian yang diambil sebanyak 14 peserta didik di ambil kelas VIII dengan menggunakan tehnik Quata sampling random sampling. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan analisis menggunakan tehnik regresi linear sederhana. Tehnik analisis menggunakan regresi dengan bantuan program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil penelitian yang diketahui bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap agrsif pada siswa sebesar 47,6%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan layanan bimbingan kelompok terhadap agresif pada siswa SMP Negeri 3 Kluet Timur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Darmayanti Darmayanti
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:45
Last Modified: 03 Jan 2023 07:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25074

Actions (login required)

View Item
View Item