Efektivitas Video Animasi Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SD Negeri 3 Takengon

Yulinawati, 170213071 (2022) Efektivitas Video Animasi Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SD Negeri 3 Takengon. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Video Animasi Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SD Negeri 3 Takengon] Text (Efektivitas Video Animasi Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SD Negeri 3 Takengon)
Yulinawati, 170213071, FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kepercayaan diri adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam proses pembelajaran di sekolah. Namun saat ini yang terjadi SD Negeri 3 Takengon masih banyak siswa yang belum meningkatkan kepercayaan dirinya dalam proses pembelajaran, yaitu siswa masih tidak berani maju kedepan untuk menjelaskan materi dan memberi tanggapan, selalu diam saat ditanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepercayaan diri siswa sesudah dan sebelum penerapan video animasi siswa kelas V SD Negeri 3 Takengon. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi berjumlah 21 siswa dan sampel 8 siswa dan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket untuk mengukur kepercayaan diri siswa, setelah memperoleh data, data dianalisis dengan menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji-t terdapat perbedaan kepercayaan diri siswa yang signifikan sesudah dan sebelum penerapan video anmasi di SD Negeri 3 Takengon.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Yulinawati Yulinawati
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:46
Last Modified: 03 Jan 2023 07:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25076

Actions (login required)

View Item
View Item