Pendekatan Bimbingan Konseling Dalam Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI MAS Darul Ulum Banda Aceh

Shabrina Dwi Ananda, 180213035 (2022) Pendekatan Bimbingan Konseling Dalam Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI MAS Darul Ulum Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pendekatan Bimbingan Konseling Dalam Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI MAS Darul Ulum Banda Aceh] Text (Pendekatan Bimbingan Konseling Dalam Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI MAS Darul Ulum Banda Aceh)
Shabrina Dwi Ananda, 180213035, FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan dasar seseorang untuk mengenali dan mengendalikan emosi. Apabila siswa tidak memiliki emosional yang matang dalam arti kecerdasan emosional masih rendah maka akan berdampak dalam perkembangan baik dalam bidang individu maupun sosial. Sejalan dengan yang terjadi di MAS Darul Ulum Banda Aceh ada beberapa siswa yang kemungkinan memiliki tingkat kecerdasan emosionalnya yang masih rendah sehingga perlu upaya untuk meningkatkan kecerdasan emosional tersebut dengan menggunakan Pendekatan Bimbingan Konseling dalam Diskusi Kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkatan kecerdadsan emosional Siswa Kelas XI MAS Darul Ulum selama ini sebelum di berikan Pendekatan Bimbingan Konseling dalam Diskusi Kelompok, serta melihat bangaimana Pendekatan Bimbingan Konseling dalam Diskusi Kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosional. Metode penelitian menggunakan Pra- Ekperimen. Populasi mengambil Dua kelas XI MAS Darul Ulum Banda Aceh dengan jumlah 49 siswa. teknik pengambilan sampel menggunakan proposive sampling dengan jumlah sampel 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosional. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kecerdasan emosional yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan treatment. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata dan hasil uji-t serta didukung dari hasil uji N gain dengan siswa yang mendapatkan perlakuan. dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Bimbngan Konseling dalam Diskusi Kelompok dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa Kelas XI MAS Darul Ulum Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Shabrina Dwi Ananda Dwi
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:03
Last Modified: 03 Jan 2023 08:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25078

Actions (login required)

View Item
View Item