Keanekaragaman Burung Pada Kawasan Pesisir Pantai Kecamatan Sawang Sebagai Referensi Mata Kuliah Ornitologi

Riski Ananda, 180207052 (2022) Keanekaragaman Burung Pada Kawasan Pesisir Pantai Kecamatan Sawang Sebagai Referensi Mata Kuliah Ornitologi. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keanekaragaman Burung Pada Kawasan Pesisir Pantai] Text (Keanekaragaman Burung Pada Kawasan Pesisir Pantai)
Riski Ananda, 180207052, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Keanekaragaman burung pada suatu habitat sangat dipengaruhi oleh keberadaan tumbuhan, aktifitas manusia, ketersediaan pakan burung dan faktor fisik lingkungan. minimnya penelitian lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah ornitologi tentang keanekaragaman burung pada kawasan pesisir pantai menyebabkan informasi tentang keanekaragaman burung pada kawasan pesisir pantai juga masih minim. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan penelitian yang menghasilkan data tentang keanekaragaman burung pada kawasan pesisir pantai. Penelitian ini dilakukan pada kawasan pesisir pantai Kecamatan Sawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi spesies burung yang terdapat pada kawasan pesisir pantai Kecamatan Sawang, untuk menganalisis keanekaragaman burung pada kawasan pesisir pantai Kecamatan Sawang, untuk menguji kelayakan hasil penelitian sebagai referensi terhadap mata kuliah ornitologi. Penelitian ini mengunakan metode Purposive sampling. Pengambilan sampel dilakukan dengan 10 titik hitung. Analisis data dengan menggunakan rumus Shannon-wiener. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 25 spesies burung dari 13 famili dengan total keseluruhan 343 individu. Indeks keanekaragaman burung pada kawasan pesisir pantai diperoleh hasil keseluruhan dengan indeks (Ĥ)= 3,0190 tergolong kategori tinggi. Hasil uji kalayakan terhadap produk hasil penelitian dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Hasil uji kelayakan oleh ahli media mendapatkan skor sebanyak 79% dengan kategori layak sedangkan uji kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skor sebanyak 75,4% dengan kategori layak untuk dijadikan referensi pada mata kuliah ornitologi. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat 25 spesies burung dari 13 famili dengan total keseluruhan 342 individu, Indeks keanekaragaman diperoleh hasil keseluruhan dengan indeks (Ĥ)= 3,0190 tergolong kategori tinggi, buku saku ini layak digunakan baik mahasiswa dan maupun siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Riski Ananda Iki
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:03
Last Modified: 03 Jan 2023 08:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25083

Actions (login required)

View Item
View Item