Pengelolaan Dana Desa Dalam Mewujudkan SDGS Didesa Hulu Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan

Fadhlul Adha, 170802012 (2022) Pengelolaan Dana Desa Dalam Mewujudkan SDGS Didesa Hulu Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengelolaan Dana Desa Dalam Mewujudkan Sdgs Didesa Hulu Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan] Text (Pengelolaan Dana Desa Dalam Mewujudkan Sdgs Didesa Hulu Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan)
Fadhlul Adha, 170802012, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Dana desa merupakan anggaran yang dikuncurkan oleh pemerintah tiap tahunnya ke tiap desa yang digunakan untuk kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa. Namun di desa hulu, sebagian penggunaan dana desa diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung pencapaian SDGs desa yang berkaitan dengan kegiatan pemulihan ekonomi nasional serta pembangunan nasional. Dalam hal ini peneliti bertujuan untuk mengetahui pengelolaan dana desa dalam mewujudkan SDGs serta mengetahui SDGs yang diwujudkan di Desa Hulu Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Metode penulisan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa program SDGs yang ada di desa hulu masih dalam ketegori kurang efesien karena masih ada program SDGs yang belum tercapai sehingga masih ada masyarakat yang tidak merasakannya. Realitanya masih ada masyarakat yang hidup dalam garis kemiskinan. Berdasarkan hasil penelitian tingkat kemiskinan yang ada di desa hulu mencapai 22% dari keseluruhan penduduk desa hulu. Namun, bukan berarti semua program SDGs yang ada di desa hulu tidak tercapai. Ada beberapa dari program SDGs yang ada di desa hulu sangat dirasakan keberhasilan oleh masyarakat sekitar seperti pembanguann infrastruktur (jalan setapak), pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT), serta pemberian alat kesehatan covid-19 dari pemerintah sekitar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Fadhlul Adha Fadhlul
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:19
Last Modified: 03 Jan 2023 08:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25086

Actions (login required)

View Item
View Item