Peran Pemerintah Gampong Terhadap Pelaksanaan Program Pembangunan Infrastruktur Di Gampong Kedai Runding Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan

Rizki Ariandi, 170802121 (2022) Peran Pemerintah Gampong Terhadap Pelaksanaan Program Pembangunan Infrastruktur Di Gampong Kedai Runding Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Pemerintah Gampong Terhadap Pelaksanaan Program Pembangunan Infrastruktur Di Gampong Kedai Runding Kecamatan Kluet Selatan  Kabupaten Aceh Selatan] Text (Peran Pemerintah Gampong Terhadap Pelaksanaan Program Pembangunan Infrastruktur Di Gampong Kedai Runding Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan)
Rizki Ariandi, 170802121, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pada dasarnya pembangunan adalah merupakan suatu proses perubahan yang dilakukan secara sadar dan terencana melalui tahapan pembangunan yang bertujuan meningkatkan taraf hidup serta kesejahteraan masyarakat. konsep ini sejalan dengan tujuan nasional yaitu untuk mewujudkan suatu masyarakat yang adil, makmur dan merata material dan spiritual berdasarkan pancasila. Dalam. Pembangunan desa yaitu mencakup Sarana dan Pra-Sarana dasar pendidikan, kesehatan, pertanian, lingkungan, pemukiman dan sebagainya, salah satunya yaitu infrastruktur. Sarana pada umumnya disebut sebagai fasilitas publik seperti rumah sakit, jalan, jembatan dan lain sebagainya. Berdasarkan aspek ekonomi infrastruktur adalah perwujudan dari modal publik (public capital) yang dibentuk dari spekulasi yang dibuat oleh otoritas publik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana peran Pemerintah Gampong Kedai Runding terhadap pelaksanaan pembangunan infrastruktur dan faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembangunan innfrastruktur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metose penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mengkaji data primer yang diperloeh dari hasil observasi dan wawancara, dan data sekunder yang di peroleh dari analisis kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Pemerintah Gampong terhadap pelaksanaan pembangunan infrastruktur sudah dilakukan dengan baik dan sesuai dengan tugas dan kewajibannya. Peran Pemerintah Gampong dilakukan dalam 3 (tiga) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan. Selain itu, yang menjadi faktor pendukung pelaksanaan pembangunan infrastruktur di Gampong Kedai Runding yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), kerjasama antar aparatur Gampong, Sarana dan Pra-sarana. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu ketersediaan anggaran desa dan partisipasi masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Rizki Ariandi Rizki
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:20
Last Modified: 03 Jan 2023 08:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25089

Actions (login required)

View Item
View Item